Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        China Desak AS 'Tahan Diri' Soal Impor Baja

        China Desak AS 'Tahan Diri' Soal Impor Baja Kredit Foto: China Daily via Reuters
        Warta Ekonomi, Shanghai, China -

        China telah menyatakan keprihatinannya atas proteksionisme yang berlebihan di sektor baja oleh Amerika Serikat, dan mendesaknya untuk menahan diri dalam penyelidikan impor baja, seorang pejabat Kementerian Perdagangan China (MOFCOM) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (13/2/2018).

        Wang Hejun, kepala Biro Investigasi dan Investigasi Perdagangan MOFCOM, membuat komentar menjelang pertemuan di kemudian hari antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan sekelompok anggota parlemen A.S. untuk membahas soal isu perdagangan. Trump sedang merenungkan apakah akan mengambil langkah-langkah untuk membatasi impor baja dan aluminium yang dianggap merusak bisnis A.S.

        Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs MOFCOM, Wang mengatakan bahwa perlindungan yang berlebihan bukanlah ?obat? dan hanya akan mengarah pada "lingkaran setan" tindakan perdagangan.

        Pertemuan Trump terjadi satu bulan setelah Departemen Perdagangan A.S. memberinya hasil penyelidikan impor baja dan aluminium. Departemen Perdagangan tidak memberikan penjelasan tentang kesimpulannya, walaupun penyelidikan tersebut dapat menyebabkan tingginya tarif atau kuota impor di antara langkah-langkah lainnya, sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (13/2/2018).

        Sebelumnya pada hari Selasa (13/2/2018), sebuah organisasi di China menyatakan dalam sebuah email kepada Reuters bahwa China akan menentang tindakan perdagangan "tidak adil dan tidak masuk akal" oleh negara-negara seperti Amerika Serikat terhadap perusahaan baja, dengan alasan proteksionisme akan "meracuni" industri ini.

        Organisasi Perencanaan dan Penelitian Industri Metalurgi China mengatakan bahwa pihaknya merespons upaya baru-baru ini oleh perusahaan baja A.S. yang mendesak Presiden Trump untuk mengekang impor masif yang menurut mereka merongrong industri A.S.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Hafit Yudi Suprobo
        Editor: Hafit Yudi Suprobo

        Bagikan Artikel: