E-commerce merupakan bagian dari e-business?yang tidak hanya sekedar perniagaan, tetapi juga mencakup kolaborasi dari mitra bisnis seperti Usaha Kecil Menengah (UKM), online store, marketplace, pembayaran nontunai (e-payment) dan perusahaan perposan (jasa pengiriman).
Industri e-commerce di dunia semakin berkembang. Indonesia, menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan e-commerce yang sangat pesat dan memiliki potensi yang sangat besar. Namun, angka kontribusi produk lokal dari UKM yang masuk di online marketplace Indonesia masih terbilang sangat kecil. Dalam hal ini, persentase angkanya masih debatable.
Asperindo (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia) selaku wadah perusahaan-perusahaan nasional yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang maupun dokumen, baik yang bergerak di sektor kurir maupun kargo, memiliki peran penting dalam industri ini.
Dengan tujuan mendukung perkembangan industri e-commerce Indonesia, Asperindo bersama PT Mediatama Binakreasi, untuk pertama kalinya, akan menyelenggarakan ShOP! (Showcase of Online People) pada 23?25 Agustus 2018 di Hall 3A?ICE (Indonesia Convention Exhibition), BSD. Dengan tema ?Off to Global Online Market?, ShOP! akan menghadirkan 200 booth pameran yang diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh representasi stakeholder e-commerce di Indonesia.
Ketua Umum Asperindo, M. Feriadi, mengatakan bahwa berbagai lembaga riset dan media telah menjelaskan tentang potensi e-commerce di Indonesia yang sangat besar. Lebih dari 500 penyelenggara pos dan logistik, baik anggota maupun nonanggota Asperindo, yang memiliki lebih dari 40.000 cabang, gerai, dan agen layanan yang tersebar di seluruh nusantara hingga ke pelosok, berperan penting dan telah siap mendukung e-commerce di tanah air.
"Sehubungan dengan itu, diharapkan ShOP mampu mempertemukan seluruh stakeholder e-commerce. Hal tersebut sebagai implementasi peran Asperindo dalam mengupayakan perkembangan kontribusi produk lokal UKM Indonesia di online marketplace, menyajikan pengalaman pameran kolaborasi dari seluruh stakeholder industri e-commerce, serta mengedukasi pemanfaatan teknologi digital guna mengangkat karya dan budaya terbaik UKM kreatif bangsa ke kancah global," kata Feriadi, di Jakarta, beberapa saat yang lalu.
ShOP! juga menjadi kesempatan istimewa untuk membahas kiat menjadi eksportir sukses serta berbagi kisah sukses usaha ekspor. Oleh karena itu, dalam event ini juga diselenggarakan Indonesia SME?s Global Course dengan tema ?Peranan Platform E-commerce Internasional dalam Mendukung Produk Local Go Global? yang menghadirkan lebih dari 300 peserta UKM untuk bergabung dalam course.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Ratih Rahayu
Tag Terkait: