PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI pada Rabu (11/4/2018) menerbitkan kartu debit berteknologi chip dengan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).
Peluncuran ini merupakan wujud komitmen Bank BRI untuk mendukung kedaulatan nasional di bidang sistem pembayaran sekaligus memenuhi peraturan Bank Indonesia (BI) soal GPN yang mulai diterapkan Januari 2018. Diharapkan pada 2022 tiap nasabah perbankan memiliki satu kartu berlogo GPN.
Hadir dalam acara tersebut Direktur Konsumer Bank BRI Handayani, Direktur Bisnis Mikro & Kecil Bank BRI Priyastomo, Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional BI Pungky P. Wibowo, serta Direktur Grup Pengawas Spesialis 1 Otoritas Jasa Keuangan Dian Danarsito.?
"Melalui penerbitan kartu debit BRI berlogo GPN ini Bank BRI mendukung pengembangan sistem pembayaran yang aman, efisien, dan ekonomis bagi masyarakat Indonesia," ujar Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto.
Bambang menegaskan, dengan menggunakan kartu debit BRI berlogo GPN, banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat. "Di antaranya akses yang lebih luas, kemudahan transaksi serta jaringan yang luas, efisiensi biaya, serta keragaman jenis layanan dan sistem pembayaran," urai Bambang.?
Didukung oleh teknologi chip, kartu BRI berlogo GPN memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kartu berteknologi magnetic stripe. Ini merupakan salah satu upaya Bank BRI untuk melindungi nasabahnya.
"Hal ini merupakan upaya nyata BRI dalam upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan transaksi nasabah, terutama di tengah menggeliatnya transaksi menggunakan nontunai," imbuhnya.?
Penerbitan kartu ini semakin menunjukkan peran Bank BRI yang mendukung perkembangan dan kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional. Sebelumnya, Bank BRI telah melaksanakan proses roll out serentak di lebih dari 122 ribu EDC merchants BRI pada Januari 2018. Saat ini juga lebih dari 24 ribu ATM BRI sudah mendukung transaksi melalui GPN, termasuk di dalamnya ATM Merah Putih Himbara Link.
Selain itu, untuk mendukung stabilitas sistem dan pelayanan transaksi yang maksimal untuk nasabah, BRI saat ini telah terhubung dengan dua penyedia layanan switching. BRI juga terus memastikan diri untuk terlibat aktif dalam kampanye bersama dengan Bank Indonesia dan perbankan lainnya mengenai GPN pada awal Mei 2018.
"Hal tersebut di atas merupakan upaya nyata Bank BRI untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam bertransaksi," pungkas Bambang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fauziah Nurul Hidayah