Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Kementerian Perdagangan kembali menggelar ajang Good Design Indonesia (GDI) untuk ke-2 kalinya. Kegiatan ini merupakan ajang penganugerahan terhadap karya desain produk terbaik di Indonesia. GDl 2018 tersebut dibuka sejak 17 April 2018 hingga 15 Mei 2018.?
Ajang ini bertujuan memperkenalkan produk-produk dalam negeri yang memiliki nilai tambah melalui pengembangan desain sekaligus mendorong kinerja ekspor nonmigas Indonesia ke pasar dunia.?
"Diharapkan jumlah produk yang mengikuti seleksi tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, karya desain yang memenangkan GDI juga semakin berkualitas sehingga peluang untuk bersaing di pasar global semakin besar," jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda, Senin (23/4/2018) di Jakarta.?
Kegiatan GDI juga merupakan ajang seleksi produk ekspor berbasis desain. Kegiatan ini bertujuan memotivasi dan mendorong para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan produk berbasis desain. Melalui ajang ini diharapkan produk Indonesia dapat berorientasi ekspor.?
Ajang GDI terbuka bagi semua pelaku usaha dan desainer, dengan syarat diproduksi di lndonesia, didesain oleh desainer indonesia, dan dipasarkan di Indonesia. Pelaku usaha maupun desainer yang berminat dapat mendaftar melalui situs id-designmark.org.?
Seperti penyelenggaraan sebelumnya, tahun ini GDI akan melakukan penjurian terhadap enam kategori produk, yaitu furnitur dan home decor, peralatan rumah tangga, gaya hidup dan aksesori, kemasan dan desain grafis, serta transportasi dan elektronik. Penyelenggaraan GDI tahun ini, produk yang didaftarkan harus memiliki sertifikasi SNI untuk kategori elektronik, transportasi, dan peralatan rumah tangga.?
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah
Tag Terkait: