Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Djarot Gandeng Warga Langkat Terapkan Hidup Sehat

        Djarot Gandeng Warga Langkat Terapkan Hidup Sehat Kredit Foto: Antara/Irsan Mulyadi
        Warta Ekonomi, Langkat -

        Djarot Saiful Hidayat selaku Calon Gubernur Sumatera Utara mengajak warga Kabupaten Langkat untuk menjaga kesehatan, terutama dalam membiasakan pola hidup sehat.

        Ajakan itu disampaikan Djarot Saiful Hidayat ketika menghadiri pengobatan, pemeriksaan kesehatan, dan pemberian kaca mata gratis di Desa Teluk, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sabtu (28/4/2018).

        Didampingi isterinya Happy Farida, Djarot mengatakan, sebenarnya upaya untuk menjaga kesehatan itu tidak mahal, apalagi dengan membiasakan pola hidup.

        Selain berolahraga, warga dapat menjaga kesehatan dengan membiasakan untuk mengonsumsi buah-buahan. Bagi masyarakat di pedesaan, cara tersebut semakin lebih mudah karena dapat memanfaatkan lahan yang cukup banyak untuk menanam buah-buahan atau tanaman lain. Ia mencontohkan tanaman temu lawak yang dapat digunakan sebagai obat untuk menambah selera makan anak.

        "Di sini banyak kepala muda, itu sehat. Belimbing sehat, rambutan sehat dan masih banyak lagi makanan yang sehat. Jadi sehat itu memang gak perlu mahal," tuturnya dalam kegiatan yang digelar Relawan Djoss Langkat itu.

        Menurut cagub yang didukung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, faktor juga sangat penting bagi kalangan ibu rumah tangga. Sebagai orang mengurus langsung berbagai urusan rumah tangga, kalangan perempuan memiliki peranan yang sangat vital dalam keluarga sehingga harus selalu dalam kondisi sehat.

        "Jangan sampai ibu rumah tangga sakit. Kalau sudah sakit, semua repot. Makanya penting jaga kesehatan," ujar Djarot.

        Sebagai cagub, Djarot Saiful Hidayat menyiapkan program "Kartu Sumut Sehat" untuk membantu kurang mampu agar tetap dapat menerima layanan kesehatan. Ketua Relawan Djoss Langkat Bambang Sumitro mengatakan, kegiatan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis itu digelar bekerja sama dengan Rumah Sakit Bandung.

        Bakti sosial tersebut dilakukan murni dari panggilan hati nurani para relawan pendukung Djarot Saiful Hidayat, apalagi warga desa yang berbatasan dengan wilayah pesisir itu seding kesulit lan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Mariani, salah seorang warga Desa Teluk berharap agar Djarot Saiful Hidayat memperhatikan fasilitas kesehatan di daerah itu.

        "Puskesmas jauh di sini. Jadi berobatnya di klinik saja. Di klinik mahal sekali berobat. Kami tidak punya BPJS. Kalau sakit parah, jauh ke Stabat," pungkasnya. (HYS/Ant)

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Hafit Yudi Suprobo

        Bagikan Artikel: