Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Hari Kedua Lebaran, Liburan atau Ziarah? (I)

        Hari Kedua Lebaran, Liburan atau Ziarah? (I) Kredit Foto: Agus Aryanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Setelah melaksanakan Salat Id dan berkumpul bersama keluarga pada hari pertama?Idulfitri, Jumat (15/6), masyarakat mengisi pada hari kedua (H+2) Lebaran dengan berziarah dan berlibur di berbagai tempat wisata di Jakarta.

        Salah satu tempat wisata langganan yang selalu dipadati masyarakat setiap musim liburan, termasuk liburan Lebaran 2018, adalah Taman Impian Jaya Ancol. Pada hari kedua Lebaran, Sabtu (16/6), jumlah pengunjung hingga pukul 18.06 sebanyak 91.396 orang.

        Data itu sendiri masih bisa terus bertambah karena pintu gerbang Ancol buka 24 jam. Dengan demikian, masyarakat dapat memenuhi berbagai wahana yang khusus disediakan oleh pengelola.

        Pada masa libur Lebaran 2018, Ancol menyuguhkan atraksi untuk menarik pengunjung dalam tajuk "Ancol Lebaran Festival 2018". Di Pantai Lagoon Ancol Taman Impian mulai 13 Juni hingga 15 Juli 2018, misalnya, ada "Ancol Nusantara Festival", yaitu 30 gerai makanan dari seluruh Indonesia, sajian musik di panggung terapung setiap hari mulai pukul 14.00 WIB maupun permainan seru.

        Khusus momen Hari Ulang Tahun Ke-491 DKI Jakarta, 22 Juni 2018, akan ada parade spesial "Explore Ondel-Ondel dan tribute Benyamin Sueb", yaitu parade ondel-ondel kolosal yang pertama kali digelar di pinggir pantai ditambah prosesi budaya Betawi palang pintu, pencak silat, dan lenong Betawi.

        Pasar Seni Ancol, 14 Juni s.d. 31 Agustus 2018, juga dijadikan kawasan Kampung Betawi sekaligus gambar-gambar sejarah kebudayaan Betawi mulai dari zaman Batavia hingga saat ini. Pengelola Dunia Fantasi (Dufan) pun mengimpor langsung dari Jepang pertunjukan spesial "Dragon Ball Z-The Real International Show" mulai 15 Juni s.d. 31 Juli 2018 di area indoor Dufan setiap hari.

        Pengunjung dapat melihat langsung aksi dari lima karakter utama: Goku, Piccolo, Vegeta, Buu, dan Bulma. Selain itu, Dufan juga menampilkan acara "Football Game Zone" dalam rangka memeriahkan ajang Piala Dunia 2018 dengan menampilkan aneka permainan sepak bola. Acara ini juga dimeriahkan dengan atraksi "freestyle" pemain lokal dan internasional.

        Pengunjung "Atlantis Water Adventure" juga dapat mencoba wahana "skybox", "dragon race", "water fun games", maupun "atlantis water yoga", serta dapat mengikuti undian berhadiah utama dua unit sepeda motor.

        Sementara itu, Ocean Dream Samudra dimeriahkan dengan pertunjukan spesial dari pesulap Deni Darco mulai 16 Juni hingga 15 Juli 2018. Di Seaworld, pengunjung akan disapa oleh Sharky si hiu dan Ray si ikan pari yang merupakan boneka karakter baru.

        Untuk memudahkan hilir mudik pengunjung, manajemen Ancol menerapkan sistem parkir terpusat selama 3 hari (16 s.d. 18 Juni 2018). Setiap pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun lebih, akan langsung diarahkan ke empat kantong parkir yang tersedia.

        Keempat kantong parkir itu ada di Pantai Carnaval, area tengah, wahana Gondola, dan Pantai Festival yang mampu menampung 12.000 kendaraan roda empat dan 17.000 kendaraan roda dua. Tersedia 120 bus "wara wiri" berkapasita 60 dan 40 penumpang yang dilengkapi dengan "tour guide" yang beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB untuk melayani semua pengunjung Ancol secara gratis.

        Pihak Ancol juga sudah menyiapkan tambahan sarana di setiap lokasi rekreasi, seperti toilet, musala, hingga pos pengamanan.

        "Ada pengamanan dari TNI, Polri, Satpol PP sekaligus menambah pengamanan internal. Setiap hari ada 266 petugas keamanan ditambah dengan petugas penjaga pantai sebanyak 37 personel serta petugas P3K sebanyak 50 orang dan 97 orang 'tour guide'," kata Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Rika Lestari, Sabtu (16/6/2018).

        Meski ada kemunculan buaya muara sepanjang 3 meter di perairan kompleks TNI Angkatan Laut, Pondok Dayung, Tanjung Priok (sekitar 10 kilometer dari Pantai Ancol), Kamis (14/6), pengunjung mengaku tidak khawatir dengan buaya tersebut.

        "Saya tidak tahu mengenai berita kemunculan buaya itu, jadi saya tidak khawatir," kata Wanti (32) yang ditemui di "Ancol pool beach".

        Penjaga pantai Fauzi Saudi (25) pun mengatakan bahwa buaya tidak akan muncul hingga ke Pantai Ancol.

        "Buaya muara tidak akan menyeberang laut, dan sampai saat ini pun pengunjung tidak ada yang menanyakan soal buaya itu," kata Fauzi yang sudah 3 tahun bekerja sebagai penjaga pantai.

        Rika Lestari mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir mengenai kemunculan buaya muara tersebut.

        Hingga saat ini, belum ada laporan kemunculan buaya di sekitar Pantai Ancol, apalagi lokasi kemunculan buaya itu ada di Pondok Dayung TNI AL yang berjarak 10 kilometer ke arah Timur dari Ancol. Area Pondok Dayung adalah area yang terlokalisasi dan tidak terbuka.

        "Insyaallah, buaya itu tidak mampir dan pengamanan di sini dijaga 24 jam. termasuk dengan memasang jaring di pantai yang bisa menahan kotoran maupun makhluk lainnya," ucap Rika.

        Taman Mini Pada hari kedua Lebaran, Sabtu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) setidaknya sudah dikunjungi 48.275 orang pengunjung (data hingga pukul 14.00 WIB).

        Pengelola TMII membuka semua pintu gerbang serta jalur menuju tempat parkir untuk mengatasi penumpukan kendaraan serta mengantisipasi keluar-masuk pengunjung, yaitu di pintu Taman Mini Square, pintu Asrama Haji, Keong Mas, Taman Budaya Tionghoa, dan perumahan karyawan Taman Mini.

        Untuk mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar dan di dalam kawasan TMII, pengelola menerjunkan 200 personel gabungan yang terdiri atas polisi, TNI, satpol PP, dinas perhubungan, serta petugas TMII.

        Bersambung, (Penulis, Desca Lidya Natalia).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: