Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kemenkominfo Minta UMKM Indonesia Gerakkan Usaha E-Commerce

        Kemenkominfo Minta UMKM Indonesia Gerakkan Usaha E-Commerce Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan pelatihan dan simulasi jualan online untuk mengajak pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) turut serta dalam membangun dan menggerakkan usaha e-commerce di Indonesia.

        Menurut Septriana Tangkary, selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, baru sekitar 8% atau sebanyak 3,79 juta pelaku UMKM yang memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Padahal dengan memanfaatkan teknologi, akan semakin mudah bagi UMKM berhubungan dengan pembeli di mana pun mereka.

        "Karena itu, edukasi akan pemanfaatan teknologi penting untuk terus dipupuk, dan masyarakat harus terus diberi dorongan dan dukungan untuk terus memanfaatkan teknologi agar industri dapat terus berkembang dengan pesat. Salah satu usaha kami lakukan melalui Gerakan Ayo UMKM Jualan Online," jelas dia dalam pernyataan resminya yang diterima redaksi Warta Ekonomi, Jumat (28/9/2018).?

        Melalui Gerakan Ayo UMKM Jualan Online Kominfo berkeliling ke 15 kota di Indonesia, termasuk Jakarta, mengajak beberapa narasumber terkait untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan bagi UMKM yang masih menjalani usaha secara tradisional untuk beralih ke online.

        "Dalam kegiatan ini, UMKM tidak hanya diajarkan bagaimana cara melakukan registrasi di marketplace, melainkan juga bagaimana teknik foto produk yang bagus dan menarik," imbuhnya.

        Septriana menyadari, perubahan budaya jual beli dari konvensional ke digital membutuhkan waktu dan proses, bahkan diakui masih banyak UMKM yang masih enggan menggunakan e-commerce dalam kegiatan mereka. Salah satu penyebabnya?soal koneksi internet yang masih kurang memadai.

        "Oleh karena itu, pemerintah melalui Kominfo berusaha meningkatkan infrastruktur melalui proyek Palapa Ring agar akses internet dapat mencapai ke seluruh Indonesia, termasuk Indonesia bagian Timur," katanya.

        Di tahun 2020 mendatang, transaksi e-commerce di Indonesia ditargetkan mencapai US$130 miliar. Hal ini dapat tercapai, jika UMKM turut terlibat dalam membangun pasar dari sisi penyedia barang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rosmayanti
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: