Dengan ketersediaan yang mudah dari hampir setiap produk di dunia, belanja online telah membuat kehidupan jutaan orang lebih nyaman dari sebelumnya dengan menghadirkan kemudahan.
Generasi sebelumnya bergantung pada katalog untuk memesan, sedangkan saat ini, sebagian besar masyarakat sudah bergantung pada belanja online yang tidak perlu repot datang ke toko. Katalog mungkin sudah usang, tetapi e-commerce terus berkembang selama beberapa dekade terakhir.
Sebelum Shopify dan Paypal, Amazon dan?eBay telah lebih dulu menyerbu web pada tahun 1994 dan 1995, dan tumbuh dengan cepat dalam popularitas.?Dalam dua minggu pertama,?Amazon mampu mendatangkan lebih dari $20.000?yang telah tumbuh menjadi $100 miliar per tahun saat ini, dan Ebay mampu menjual lebih dari $7 juta barang melalui situs mereka dalam setahun pertama.
Kedua perusahaan itu sekarang sudah internasional dan memungkinkan usaha kecil untuk menjual produk melalui situs web mereka.?Mereka mendapatkan lebih banyak popularitas setiap tahun, hal itu membuktikan bahwa e-commerce akan terus tumbuh.
Tapi, platform mana yang lebih baik saat berjualan online? Pada dasarnya, setiap platform memiliki keunikan masing-masing, dan sebenarnya semua tergantung pada apa yang Anda jual.
Amazon vs eBay berdasarkan jumlah
eBay melaporkan pendapatan hampir?$9,6 miliar?tahun lalu, total ini mengejutkan jika mengingat fakta bahwa mereka memiliki biaya daftar 10 persen.?Namun, masih lebih rendah dari laba yang dilaporkan pada tahun-tahun sebelumnya.
Hampir 40 persen penjualan Amazon berasal dari penjual pihak ketiga, dan sisanya dijual dari pengecer mereka sendiri?mereka telah mengakuisisi sekitar 44 pengecer terkemuka selama bertahun-tahun, termasuk?WholeFoods dan?GoodReads.?Amazon telah melaporkan penjualannya lebih dari?$2 miliar?setiap kuartal selama hampir satu tahun sekarang.
Selain itu, Amazon juga memiliki biaya penjualan yang lebih kecil dan rencana yang bergantung pada apa dan berapa banyak yang Anda jual jika dibandingkan dengan eBay.?Mendaftar di Amazon juga tidak bisa sembarangan. Produk apa yang Anda jual akan diuji dan memiliki lebih banyak aturan. Dengan aturan yang ketat itu, pelanggan lebih merasa yakin jika berbelanja di Amazon.
Masa depan belanja online
Didirikan pada tahun 2006,?Shopify?telah menjadi pesaing di dunia e-commerce, ia menghasilkan lebih dari?$100 juta?dalam penjualan dalam tiga tahun pertama mereka dan mencapai $26 miliar dalam penjualan pada tahun 2017. Hal ini dengan cepat dapat menjadi metode yang sangat populer bagi pemilik usaha kecil untuk menjual secara online, khususnya di AS, dan mereka mampu meningkatkan laba rata-rata 70 persen selama satu tahun.
Salah satu alasan Shopify menjadi sangat populer adalah karena "pembaruan" mereka ke pasar, menarik perhatian milenial, yang merupakan bagian terbesar dari orang dewasa yang bekerja saat ini, dengan kemampuan beradaptasi, kemudahan penggunaan, dan acara yang mereka bangun sebagai ajang promosi.
Shopify juga menawarkan dua paket dengan sedikit biaya atau tanpa biaya transaksi, sebagai gantinya mengandalkan biaya bulanan dan pengeluaran kartu kredit.?Meskipun dikritik karena biaya ini, banyak bisnis e-commerce memilih Shopify karena alat penjualan dan basis pelanggan yang luar biasa.
Apa pun platform online yang Anda gunakan, online dalam bentuk apa pun masih merupakan pilihan yang sangat bijak untuk bisnis Anda dan akan memberi Anda keuntungan pemasaran yang besar atas setiap kompetisi yang belum tiba di abad ke-21.?Ini tahun 2019, dan inilah saatnya untuk berkembang di dunia digital.?Memilih untuk menjual pada platform seperti Amazon, eBay atau Shopify akan menempatkan produk Anda di depan basis pelanggan besar dan membuat Anda menuju ke arah yang benar.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: