Asia telah tumbuh menjadi salah satu ekosistem awal paling dominan dan dinamis di dunia. Siklus hidup dari banyak perusahaan baru ini menuntut investor internasional untuk meningkatkan bisnis dan mendorong pertumbuhan konsep, ide, dan sinergi baru di dalamnya.
Menavigasi investor internasional dan mengajak mereka bergabung adalah tantangan yang menarik bagi wirausahawan pemula. Berbeda dengan menghadapi investor dari negara Anda sendiri, menghadapi investor internasional jelas lebih rumit. Pertemuan beda budaya dapat menjadi canggung dan mengintimidasi dan presentasi harus direncanakan sesuai dengan itu.
Tantangan terbesar ketika mempresentasikan kepada investor asing adalah kurangnya pemahaman mereka tentang konteks lokal. Jadi, sangat penting untuk melakukan hal-hal berikut ini ketika mempromosikan kepada investor asing:
Menjelaskan dengan detail
Sebagian besar investor asing memiliki sedikit konteks sosial dari negara baru yang ingin mereka investasikan. Pengetahuan mereka terbatas pada berbagai laporan bisnis, baik generik dan sektoral, yang tidak membantu di luar titik ketika membuat keputusan investasi. Itu adalah kewajiban bagi pengusaha untuk memastikan bahwa investor memahami apa arti model bisnis di pasar tempat ia akan beroperasi.
Memahami Struktur
Sebagian besar dana internasional memiliki perwakilan negara yang berinteraksi dengan para pendiri dan berbagi pemahaman mereka dengan komite investasi mereka. Keputusan investasi didasarkan pada input kolektif dari anggota komite berdasarkan pada pemahaman mereka tentang potensi pertumbuhan bisnis. Dengan demikian, pekerjaan Anda tidak hanya untuk meyakinkan investor yang berbicara kepada Anda, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk pertemuan komite investasi mereka.
Yakinkan potensi merek Anda
Investor internasional memiliki obsesi terhadap kualitas dan memahami nilai penciptaan merek. Tidak ada kompromi dalam hal kualitas produk dan layanan, investor sangat berhati-hati dalam hal ini dan akan menjauh jika ada sedikit keraguan. Penciptaan nilai merek juga sangat signifikan; investor perlu percaya pada kekuatan dan potensi merek.
Siapkan matang-matang
Pasti akan ada diskusi terperinci dan pertanyaan silang tentang pendapatan, skalabilitas, daya tarik, peta jalan masa depan, dan prospek pertumbuhan baik di pasar lokal maupun luar negeri. Ketika Anda dapat menunjukkan kepada mereka stabilitas dan potensi, kemungkinan mereka akan tertarik untuk bergabung.
Jadi bersiaplah untuk semua pertanyaan yang diharapkan dan beberapa yang tidak diharapkan juga. Jadilah menyeluruh dengan posisi bisnis Anda saat ini dan pertumbuhan yang Anda targetkan. Kuncinya adalah mempersiapkan referensi untuk memetakan model bisnis Anda sehingga dipahami investor.
Buat Rencana Bisnis yang Solid
Kejelasan model bisnis, hitung perkiraan nilai bisnis Anda, risiko dan kemungkinan kemacetan, ramalan pendapatan, dan analisis lanskap kompetitif. Semua ini akan membantu Anda mendapatkan dukungan investasi yang tepat yang Anda butuhkan.
Miliki Mitra yang Tepat untuk Membantu
Menghadapi investor internasional itu gampang-gampang susah dan orang tidak bisa merusak kehadiran mitra yang akan memiliki pengalaman di bidang ini. Seseorang yang memiliki hubungan yang sudah ada atau pernah menangani pertemuan investor internasional di masa lalu, benar-benar dapat membantu dalam membuat kemajuan dan memberikan kepercayaan.
Tunjukkan Ambisi, Bukan Kesombongan
Anda telah menetapkan proposal bisnis yang unggul, yang memiliki masa depan yang cerah, jadi penting untuk menunjukkan ambisi saat berinteraksi dengan investor. Orang masih harus sangat berhati-hati dan menjauh agar tidak terlihat sombong.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: