Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Prudential dan YOAI Resmikan Bangsal Remaja RS Kanker Dharmais

        Prudential dan YOAI Resmikan Bangsal Remaja RS Kanker Dharmais Kredit Foto: Fajar Sulaiman
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Prudential Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), hari ini, Rabu (27/2/2019), meresmikan bangsal remaja di Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD) Jakarta. Peresmian ini merupakan salah satu upaya perusahaan membantu pasien kanker anak-anak dan remaja untuk menciptakan lingkungan yang kondusif selama perawatan dan membantu mereka untuk sembuh.

        Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan, kesehatan dan keselamatan merupakan salah satu inti dari Program Community Investment Prudential Indonesia seiring upaya dalam menciptakan Indonesia yang lebih sehat.

        "Prudential Indonesia telah berkolaborasi dengan YOAI sejak 2003, dan kami berkomitmen untuk membantu anak-anak penderita kanker agar bisa mendapatkan bantuan pengobatan dan perawatan di bangsal yang memadai di rumah sakit," ujar Jens dalam acara tersebut di RS Kanker Dharmais, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

        Adapun peresmian renovasi bangsal khusus remaja pada hari ini merupakan kelanjutan komitmen Prudential Indonesia. Pada 2018, Prudential Indonesia bekerja sama dengan YOAI menyerahkan donasi sebesar Rp4,5 miliar dari dana perusahaan untuk setiap pembelian polis PRUsyariah di 2017 dalam rangka 10 tahun kehadiran Unit Usaha Syariah Prudential Indonesia untuk renovasi bangsal di RSKD.

        Baca Juga: Hindari Penyakit Kanker, Prodia Kenalkan Genomics-Carisk di Medan

        Baca Juga: Jokowi Masih Pikir-pikir untuk Turunkan Bea Masuk Obat Kanker

        "Melalui kerja sama dengan berbagai pihak baik dari pemerintah maupun swasta, YOAI telah melakukan sejumlah inisiatif untuk mendukung pengobatan kanker anak di Indonesia," kata Ketua Umum YOAI, Rahmi Adi Putra Tahir.

        "Selain itu, kami juga berkomitmen untuk terus menyediakan informasi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker dan mengedukasi para orangtua tentang kanker pada anak. Kamli berharap dapat semakin berkontribusi dalam menyediakan fasilitas perawatan yang lebih baik untuk anak-anak dan remaja penderita kanker di masa depan," tambahnya.

        Menurut data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada 2015, di Indonesia terdapat sekitar 4.100 kasus kanker anak-anak per tahun, sebagian besar merupakan leukemia. Hasil Riset Kesehatan Dasar 2013 (Riskesdas) menunjukkan prevalensi kanker anak umur 0-14 tahun sebesar sekitar 16.291 kasus. Sedangkan data dari Kemenkes mengungkapkan, setiap tahun, ada lebih dari 175 ribu anak di dunia didiagnosis mengidap kanker, dan sekitar 90 ribu di antaranya meninggal dunia. Kurangnya deteksi dini membuat kanker lebih sulit disembuhkan.

        Melalui kolaborasi dengan YOAI, Prudential Indonesia juga mendonasikan mesin apheresis, yang dirancang untuk memisahkan sel-sel darah, baik untuk terapi pasien maupun transfusi darah. Donasi ini ditujukan ke beberapa rumah sakit, seperti RSCM dan RSKD di Jakarta, RSUD Dr Soetomo di Surabaya, RSUP Sanglah di Denpasar, RSUP Dr Sardjito di Yogyakarta, RS Universitas Hasanudin di Makassar, dan RS Hasan Sadikin di Bandung. Sebelumnya, Prudential Indonesia telah memberikan bantuan untuk merenovasi bangsal anak-anak di RSKD.

        "Peresmian bangsal remaja ini juga merupakan acara puncak dari peringatan Wold Cancer Day di RSKD. Bangsal remaja ini memiliki berbagai fasilitas seperti Ruang Konsultasi, Psikiatri, Teen Lounge (ruang berkumpul pasien remaja), dan Multi-Media Corner. Kami berharap fasilitas tersebut bisa membantu memberikan semangat untuk pasien anak-anak dan remaja agar cepat sembuh," kata Direktur Utama RSKD Prof dr Abdul Kadir.

        Dari 2003-2018, Prudential Indonesia telah mendukung pendanaan untuk 6.642 pasien anak-anak melalui penggantian biaya medis dan penggunaan mesin apheresis. Di 2013-2018, seminar dan sosialisasi untuk mempromosikan kesadaran kanker anak juga telah dilakukan kepada 12.342 orang melalui YOAI.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajar Sulaiman
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: