Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gantikan Customer Service, Chatbot Berikan Layanan Ini

        Gantikan Customer Service, Chatbot Berikan Layanan Ini Kredit Foto: Reuters/Adnan Abidi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Peran teknologi Machine Learning dan Artificial Intelligence telah membuka peluang bagi semakin banyak perusahaan termasuk perbankan untuk meluncurkan chatbot sebagai solusi untuk mengurangi biaya dalam aktivitas melayani konsumen. Dengan teknologi chatbot, untuk melayani komunikasi dua arah layaknya berkomunikasi dengan seorang customer service.

        Dalam beberapa tahun terakhir bermunculan perbankan yang mengadopsi agen percaka[an otomatis atau chatbots di platfom mobile banking mereka. Ally Bank's Ally Assist adalah salah satu bank pertama yang mengimplementasikan chatbot di dunia. Contoh lain Bank dari Agen Digital Amerika Erica, chatbot Wells Fargo, Clari TD Bank, dan Eno asisten chatbot berbasis teks dari Capital One.

        Baca Juga: Tahun 2020, 25% Layanan Pelanggan Digantikan Chatbot

        Tujuan mereka adalah untuk menyediakan layanan cepat dan dukungan transaksional kepada pelanggan, menangani tugas-tugas paling mendasar seperti penyelidikan saldo, detail rekening bank, permintaan pinjaman, dan lain sebagainya. Dimana hal itu dapat ditangani secara efisien oleh chatbot, sehingga membebaskan waktu perwakilan layanan pelanggan untuk masalah-masalah rumit.

        Di Indonesia sendiri hampir semua bank yang ada juga telah mengadopsi teknologi tersebut. Seperti Smart New Assistant atau Sabrina di BRI, Chat with your INTelligent Advisor (Cinta) di BNI, Mandiri Intteligence Assistant (Mita) di Bank Mandiri, dan Virtual Assistant Chat Banking (VIRA) di BCA. Namun sejauh ini layanan yang diberikan baru sebatas informasi berkaitan dengan produk perbankan.

        Adapun beberapa use cases penggunaan chatbots dalam perbankan yang paling umum adalah sebagai berikut:

        1. Menjawab pertanyaan yang sering diajukan

        Salah satu tugas paling mendasar dari Chatbot Perbankan atau asisten Digital, menyediakan layanan otomatis yang menjawab pertanyaan seperti di mana ATM atau cabang terdekat, bagaimana cara mengatur ulang kata sandi, bagaimana cara memblokir kehilangan saya kartu, dan lain-lain.

        Baca Juga: Ajaib! Beginilah Manfaat Chatbot dalam Kegiatan Bisnis

        2. Layanan Akun

        Menjawab layanan akun sederhana dan permintaan pembayaran, pertanyaan tentang setoran dan akun kartu kredit, transaksi, pembayaran dan lain sebagainya, ini akan memberikan pengalaman pelanggan yang semakin baik.

        3. Pengaturan tujuan keuangan dan pelacakan pengeluaran

        Karena terintegrasi dengan data historis yang tepat, prediktif perbankan, dan platform analisis cerdas lainnya, chatbots dapat menjawab pertanyaan pelanggan seputar pengeluaran dan penganggaran, membantu pelanggan mengelola kehidupan keuangan mereka, dan menjadi penasihat keuangan tepercaya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Kumairoh

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: