Triplogic, startup logistik on-demand dalam kota dan antarkota di Indonesia, mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan pendanaan tahap awal dari perusahaan modal ventura East Ventures dalam jumlah yang tidak diungkapkan.
Triplogic akan menggunakan dana segar ini untuk meningkatkan kualitas produk dan teknologi, serta memperluas jaringan logistik dengan menggandeng lebih banyak mitra UKM sebagai titik pengiriman barang dengan target lebih dari 15.000 drop shipping point di 2019.?
"Triplogic bukanlah perusahaan logistik biasa yang hanya mengirimkan paket. Kami perusahaan logistik yang menyediakan solusi lengkap dari hulu ke hilir, mulai dari logistik, pengiriman paket, pengemasan, dan distribusi untuk UKM. Sebagai perusahaan logistics-as-a-service (LAAS), kami fokus menciptakan ekosistem rantai pasokan yang kuat," jelas Oki Earlivan, CEO dan Founder Triplogic.
Sementara Melisa Irene, Partner East Venturesm, berkata, "East Ventures telah berinvestasi di sejumlah perusahaan yang bergerak dalam industri perdagangan dan rantai pasokan. Kami pun sangat gembira melihat perkembangan ekosistem kami."
Baca Juga: Perkuat Layanan Sektor Logistik, BNI-Triplogic Bangun Sistem Transaksi Digital
"Semua platform e-commerce yang kami beri investasi memberikan nilai tambah, contoh terbaru adalah Fore Coffee. Kami menyadari Triplogic sebagai pemain logistik last mile, cocok untuk melengkapi ekosistem rantai pasokan kami selama ini," imbuhnya.
Startup ini bisa melayani pengiriman instan (barang akan sampai di tempat tujuan dalam kurun waktu 3 jam) dengan membangun titik pengiriman (drop shipping point) pada lokasi UKM dan toko lokal yang berbentuk loker dan boks pintar.
Jenis pelanggan Triplogic sangat beragam, mulai dari bisnis yang teratur mengirimkan paket, misalnya perusahaan distributor,?e-commerce, UKM?online?dan?offline?hingga pengguna ritel atau individu yang hanya sesekali mengirimkan paket.
Untuk klien korporat, Triplogic membantu pengiriman produsen dan distributor menggunakan truk dan van menuju lokasi kios dan toko lokal dengan harga yang relatif terjangkau. Saat yang sama, Triplogic memfasilitasi metode transaksi tunai di tempat (cash on delivery) untuk klien mereka.
Pada pelanggan ritel dan UKM, Triplogic menawarkan layanan pengiriman di hari yang sama dan layanan kilat satu hari, baik untuk pengiriman dalam kota maupun antarkota. Pelanggan dapat menggunakan aplikasi untuk mengatur pengiriman barang ke beragam destinasi dalam satu kali perjalanan. Secara?offline,?mereka?juga bisa menitipkan barang di titik pengiriman terdekat, yang pengirimannya dilanjutkan oleh agen.
Baca Juga: Setelah Fintech, Startup Logistik Diprediksi Bakal Booming
Saat ini, Triplogic telah bermitra dengan 1.600 UKM dan beroperasi di 61 kota di seluruh Indonesia, termasuk kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Palembang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Yosi Winosa
Editor: Rosmayanti