Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bukan Baju Baru, di Ramadan-Lebaran Milenial Harusnya Beli Rumah Impian

        Bukan Baju Baru, di Ramadan-Lebaran Milenial Harusnya Beli Rumah Impian Kredit Foto: Unsplash/Breno Assis
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Mengacu pada hasil riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019, Kepala Marketing Rumah.com, Ike Hamdan menjelaskan, berdasarkan rentang usia pembeli properti, generasi milenial menjadi responden yang paling antusias untuk membeli rumah dalam enam bulan ke depan.

        Preferensi mereka adalah kisaran harga menengah dan dekat dengan transportasi umum. Sayangnya, milenial belum memiliki perencanaan yang matang dalam rencana pembelian rumah.

        "Responden dengan rentang usia 28-30 tahun paling banyak memiliki rencana untuk mulai tinggal sendiri dan pindah dari rumah orangtua mereka. Milenial yang berencana keluar dari rumah orangtua dalam enam bulan ke depan, tidak semuanya serta-merta membeli rumah. 25% memilih untuk mengontrak daripada membeli rumah sendiri," kata Ike.

        Baca Juga: Beli Properti Bella Terra saat Open House, DP Hanya 5%

        Melihat data yang ada, nampaknya minat dan keinginan milenial untuk hidup terpisah dari orangtua dan mandiri cukup tinggi. Namun, belum semua kalangan muda?diiringi kemampuan dan kemauan untuk membeli rumah. Mereka harus diyakinkan agar sedini mungkin mempersiapkan keuangannya untuk membeli rumah.

        "Tren pasar properti yang cenderung landai menjelang Ramadan serta Idul Fitri mendatang sebenarnya bisa dimanfaatkan konsumen, khususnya milenial, untuk bisa mendapatkan rumah dengan harga terbaik. Karena pada periode ini, pasar properti akan berpihak pada pembeli,' jelas Ike.

        Menurutnya, Ramadan adalah periode di mana pasar bersifat buyer?s market. Artinya, daya tawar dari pengembang cenderung lebih lemah terhadap pembeli, baik itu pembeli untuk ditinggali maupun pembeli untuk investasi. Pada periode ini, pengembang biasanya menawarkan banyak promo, bonus, serta kemudahan lainnya.

        "Bagi mereka yang belum memiliki rumah dan generasi milenial yang ingin membeli rumah, alih-alih membelanjakan tunjangan hari raya atau bonus lainnya untuk kebutuhan konsumtif seputar Ramadan dan Idul Fitri, lebih baik digunakan untuk mewujudkan impian memiliki rumah," pungkas Ike.

        Baca Juga: Bukan Rumah DP 0%! 3 Bulan Lagi Tommy Soeharto Bangun 500 Ribu Rumah Murah

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: