PT Angkasa Pura II (Persero) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong penyelenggaraan pelayanan publik di sektor transportasi yang ramah bagi disabilitas.
Pada pekan ini, AP II dan Kemenhub menyosialisasikan pelayanan bagi disabilitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019.
Sebanyak 60 orang disabilitas dari berbagai organisasi seperti Gaun, Gerkatin, YPAC, MRAD, JFBT, Pertuni, dan Sarana Bina Daksa Budi Bhakti melakukan focus group discussion terkait layanan publik yang baik di sektor transportasi.
Para penyandang disabilitas juga sempat berkunjung ke Stasiun Kereta Bandara dan Terminal 3 untuk mengetahui fasilitas bagi disabilitas.?
Baca Juga: Enggak Pake Repot, Pesan Go-Car Bisa Langsung di Terminal Bandara Soetta
VP of Corporate Communications Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, pada Rabu (11/9/2019) di Terminal 3 Soekarno-Hatta dilakukan penandatanganan komitmen bersama terkait pelayanan kepada disabilitas.
Penandatangan komitmen dilakukan oleh 23 BUMN dan swasta sektor transportasi udara, darat, laut, dan perkeretaapian.
"AP II berkomitmen untuk selalu menyediakan pelayanan terbaik kepada disabilitas, di mana bandara-bandara yang kami kelola telah memiliki sejumlah fasilitas khusus bagi disabilitas. Kami mengajak operator sektor transportasi lain untuk juga menyediakan layanan terbaik bagi disabilitas," katanya.
"Bandara Soetta merupakan salah satu terminal penumpang pesawat yang memiliki fasilitas cukup lengkap ramah disabilitas dan kami jadikan sebagai percontohan standar layanan disabilitas di bandara AP II lainnya," ujar Yado.
Sejumlah fasilitas bagi disabilitas yang ada di Bandara Soetta, antara lain mulai dari area khusus tempat turun penumpang (drop zone) yang diberi warna kuning, kursi roda, toilet, lift khusus, mobil golf, dan travellator.
Di setiap terminal juga terdapat kursi prioritas bagi disabilitas, dan Skytrain sebagai sarana transportasi di dalam kawasan Bandara Soetta juga ramah bagi disabilitas.
Selain itu, Soetta mengoperasikan bus berlantai rendah (lowdeck) yang ramah bagi pemakai kursi roda di sisi udara, lalu bus dengan fasilitas yang mempermudah pengguna kursi roda di sisi darat, serta menyiagakan personel customer service guna melayani kebutuhan para disabilitas.
Baca Juga: Hari Pelanggan Nasional, AP II Undang Difabel Jadi Karyawan Bandara Soetta
Beberapa waktu lalu, Soetta juga sukses menyambut para atlet disabilitas yang bertanding pada Asian Para Games 2018.
Yado mengatakan, layanan bagi disabilitas yang terdapat di bandara-bandara Angkasa Pura II merujuk pada PM nomor 98 tahun 2017 tentang Penyediaan Aksesibilitas Pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik Bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus.
"Angkasa Pura II dalam waktu dekat juga merekrut penyandang disabilitas sebagai personel customer service, terminal operation center, dan contact center," ungkap Yado.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti