Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Janji Jokowi untuk Masyarakat Papua Barat

        Janji Jokowi untuk Masyarakat Papua Barat Kredit Foto: Antara/Bayu Prasetyo
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan pembangunan jalan aspal antara Manokwari dengan Pegunungan Arfak. Janji Jokowi ini disampaikan saat bertemu masyarakat di lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Minggu (27/10/2019).

        Di tempat tersebut, Presiden Jokowi dan Iriana menyapa dan bertemu ribuan warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa. Presiden Jokowi mengaku senang dan terharu bisa menyambangi Kabupaten Arfak untuk pertama kalinya dan bertemu langsung dengan warga setempat.

        "Tadi sudah disampaikan oleh Pak Bupati, Pak Gubernur, mengenai yang pertama, jalan antara Manokwari dan Pegunungan Arfak yang tadi Pak Bupati menyampaikan minta segera diselesaikan dan diaspal. Maka kita segera selesaikan," kata Presiden.

        Baca Juga: Enggak Dapat Jatah Menteri, Hanura 'Sindir' Jokowi Kayak Gini

        Akses jalan antara Pegunungan Arfak dan Manokwari tersebut, menurut Presiden, akan memudahkan transportasi orang dan distribusi barang terutama produk-produk pertanian. Para petani asal Pegunungan Arfak nantinya bisa menjual beragam komoditas pertanian seperti wortel, kol, dan kentang ke Manokwari.

        "Agar barang-barang pertanian, produk-produk pertanian yang berasal dari Pegunungan Arfak bisa dijual di Manokwari," kata dia.

        Presiden Jokowi berharap pembangunan jalan tersebut juga bisa mendongkrak pariwisata di daerah Pegunungan Arfak agar berkembang dengan lebih pesat. Menurut Presiden, Pegunungan Arfak memiliki potensi pariwisata yang indah seperti dua danau, yakni Anggi Giji dan Anggi Gida.

        "Juga pariwisata agar orang bisa berdatangan berbondong-bondong dari Manokwari dan dari provinsi lain dari seluruh Tanah Air melihat keindahan Danau Anggi yang ada di Pegunungan Arfak. Tadi saya sudah lihat dari atas, begitu sangat indahnya danau itu," kata dia.

        Selain infrastruktur jalan, Presiden juga berkomitmen untuk mengembangkan bandara dan sejumlah fasilitas publik lainnya di Pegunungan Arfak. Kepala Negara menilai, bandara memiliki peran penting bagi penduduk setempat agar bisa lebih maju.

        Baca Juga: Dear Jokowi, Pakar Hukum Punya Saran Soal Badan Legislasi Nih! Begini Lengkapnya . . . .

        "Beri waktu saya dua tahun untuk menyelesaikan airport yang ada di sini. Sehingga semuanya terbuka, masyarakat di sini bisa pergi ke mana pun dan airport adalah sebuah sarana transportasi yang sangat penting bagi penduduk yang ada di sini untuk bisa lebih maju ke depan," kata dia.

        Jokowi juga mengaku sudah mencatat seluruh permintaan Bupati Pegunungan Arfak mengenai pembangunan rumah sakit, puskemas, dan penambahan pasar. Presiden berjanji akan memenuhinya dalam periode tiga tahun mendatang.

        Dari lapangan bola Irai, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kemudian meninjau Pasar Irai. Kedatangan keduanya disambut meriah warga dan penjual. Presiden dan? Iriana juga berkeliling pasar untuk melihat beragam komoditas pertanian yang dijual sambil berinteraksi dengan para penjual.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: