Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        10 Istilah Kedokteran yang Menyebut Pasien dalam Keadaan Kritis, Apa Saja?

        10 Istilah Kedokteran yang Menyebut Pasien dalam Keadaan Kritis, Apa Saja? Kredit Foto: (Foto: Shutterstock)
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Apabila pernah menghabiskan waktu di rumah sakit atau ruangan dokter, Anda pasti tahu bahwa orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan, salah satunya dokter memiliki language term atau istilah-istilah bahasa mereka sendiri.

        Para dokter secara umum dalam kesehariannya memang memiliki ?hospital slangs? atau dengan kata lain, sederet istilah bahasa kesehatan yang hanya dipahami oleh para dokter.

        Apa saja istilah-istilah kesehatan tersebut? Mengutip Businessinsider, berikut ulasan 10 istilah kesehatan yang hanya dipahami oleh para dokter.

        Baca Juga: Hasil Penelitian: Wanita Obesitas Lebih Rentan Terkena Kanker Payudara

        1. Cowboy

        Cowboy adalah istilah yang dipakai untuk mengatakan atau memanggil para ahli bedah untuk menyarankan mereka untuk melakukan tindak operasi terlebih dahulu dan berpikir kemudian.

        2. Flea

        Semacam sebutan mengejek yang diberikan beberapa dokter kepada ahli penyakit dalam - orang yang berspesialisasi dalam pengobatan internal. Sebab posisi ini disebutkan dipandang oleh sebagian orang sebagai posisi terendah di tiang totem medis.

        3. Fooba

        "Found on orthopedics, barely alive," istilah untuk menggambarkan kondisi pasien, untuk menyarankan kepada dokter ortopedi untuk memperbaiki tulang pasien, tetapi melewatkan tanda-tanda kritis penyakit di tempat lain di tubuh pasien.

        4. Gomer

        Untuk pasien yang bermasalah, misalnya pasien-pasien yang sudah tua yang sering dirawat di rumah sakit dengan sejumlah kondisi kesehatan yang rumit. Selain ini, ada juga yang menggunakan Gomer untuk menggambarkan "Get out of my emergency room,".

        Baca Juga: Perhatian, Moms! Hasil Penelitian Menyebut Menyusui Bisa Menekan Risiko Kanker Payudara

        5. Circling the drain

        Istilah yang digunakan oleh dokter untuk menggambarkan pasien yang berada di ambang kematian.

        6. Horrendoma

        Dokter menggunakan kata horrendoma untuk merujuk pada kondisi medis yang sangat mengerikan atau tidak biasa. Kata itu adalah kata ?horrible dan om?, yang punya arti mengerikan" dan "-oma," akhiran yang digunakan untuk penyakit tumor.

        7. Frequent flyer

        Istilah yang ditujukan kepada orang-orang alias pasien yang sering sekali datang dan kembali ke rumah sakit.

        8. Cheech

        Kata yang digunakan untuk merujuk pada setiap tes yang dapat dibayangkan untuk menyelesaikan suatu kondisi medis yang membingungkan.

        9. Hanging crepe

        Kata yang dipersiapkan oleh para dokter kepada keluarga pasien untuk bersiap tentang kematian pasien. Pepatah tersebut berasal dari kebiasaan klasik, yakni menggantung kain krep hitam di atas pintu rumah untuk menandakan keluarga di rumah tersebut sedang berduka.

        10. Status dramaticus

        Merujuk pada pasien yang terlalu gelisah, yang menunjukkan gestur yang tampaknya yang rumit untuk menunjukkan rasa sakit yang dirasakan. Biasanya menggambarkan tipe pasien yang sering menuntut untuk segera dirawat, dan perlu seorang dokter atau perawat yang terampil untuk memberi tahu ketika pasien tipe seperti ini hanyalah melebih-lebihkan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Abdul Halim Trian Fikri

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: