Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Simak Perjalanan Karier Megabintang Lapangan Hijau Cristiano Ronaldo

        Simak Perjalanan Karier Megabintang Lapangan Hijau Cristiano Ronaldo Kredit Foto: Reuters/Alberto Lingria
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Di mata banyak orang, Cristiano Ronaldo merupakan pesepak bola andal yang sukses dan tajir. Kesuksesannya kerap dijadikan panutan oleh sebagian besar pecinta sepak bola. Pria berusia 34 tahun ini pun digandrungi banyak penggemar.

        Berbagai prestasi cemerlang telah ia bawa pulang. Salah satunya adalah keberhasilannya menyumbang 15 trofi untuk klub Real Madrid. Prestasi cemerlang juga membuatnya menjadi atlet yang tajir, dengan kekayaan yang ditaksir mencapai US$450 juta atau Rp6,3 triliunan.?

        Di balik keberhasilannya saat ini, ada perjuangan yang harus dilalui pria yang akrab disapa CR7 itu. Perjalanan panjang dan berliku pernah ditempuhnya.

        Baca Juga: Mesin Gol! Cristiano Ronaldo Cetak Gol ke-700 dalam Sepanjang Karirnya

        CR7 lahir di Madeira, Portugal pada 5 Februari 1985. Sejak kecil kecintaannya terhadap sepak bola sudah terlihat. Karena ia berasal dari keluarga yang terbilang miskin, bermain sepak bola jalanan adalah satu-satunya hiburannya semasa kecil.?

        Sampai akhirnya di usia delapan tahun, ia bergabung ke dalam klub lokal Andorinha, klub di mana ayahnya bekerja. Di sana ia bermain untuk klub junior selama dua tahun atau sampai umurnya 10 tahun.?

        Talentanya kemudian dilirik oleh klub terbesar di Madeira, Nacional. Selama tiga musim ia bermain untuk klub junior Nacional sebelum dipinang oleh Sporting Lisbon.

        Karier profesionalnya mulai dibangun ketika usia 13 tahun. Kala itu ia menandatangani kontrak dengan Sporting Lisbon dengan nilai 1.500 pound sterling atau Rp26 jutaan.?

        Selama di sinilah ia dilatih untuk menjadi pemain yang lebih profesional lagi. CR7 dilatih di sekolah sepak bola Alcochete, salah satu sekolah sepak bola terbaik di dunia.

        Berkat kepiawaiannya, kemudian ia dipercaya mampu membangkitkan prestasi sepak bola Portugal. Oleh karenanya, pada saat usianya belum menginjak 17 tahun, ia dipercaya untuk menjadi pemain timnas dan mengikuti World Cup U-17. Setahun kemudian ia masuk ke dalam skuat senior utama Portugal.

        Akselerasi dan ketangkasannya mulai dilirik klub-klub di luar Portugal, salah satunya Manchester United. Sir Alex Ferguson, pelatih MU saat itu berhasil memboyongnya pada tahun 2003 dengan nilai kontrak 12 juta pound sterling atau Rp215 miliaran.

        Baca Juga: Lini Bisnis Milik Cristiano Ronaldo, Aset Miliknya Bejibun Bro!

        Nilai tersebut menjadikannya sebagai pemain remaja termahal dalam sejarah sepak bola Inggris. Pilihan Sir Alex tak salah, Cristiano Ronaldo memberikan performa terbaiknya bersama Setan Merah.?

        Trofi bergengsi telah disumbangkannya, dari juara Liga Primer sampai Liga Champions. Ia pun menjadi pemain terbaik Liga Premier musim 2008 silam.

        Tahun 2009, klub raksasa Real Madrid meminangnya dengan nilai kontrak yang fantastis, 80 juta pound sterling atau Rp1,4 triliunan. Sejak saat itulah ia bertransformasi menjadi atlet paling sukses dengan torehan rekor yang membanggakan.

        Salah satunya adalah mengoleksi 4 trofi Liga Champions, dan menyumbangkan 450 gol dalam 438 laga. Total, ia membawa pulang 16 trofi ke Santiago Bernabeu selama 9 tahun.

        Baca Juga: Bukan di Dunia, Ronaldo Jadi Atlet Terkaya di Instagram

        Pada tahun 2018 silam, Cristiano Ronaldo memutuskan untuk pindah ke klub raksasa asal Italia, Juventus. Rumornya ia pindah karena mengalami perselisihan dengan Presiden Real Madrid, Florentino Perez.?

        Sang megabintang direkrut Juve dengan nilai transfer 100 juta euro atau Rp1,7 triliunan. Angka ini tentu sangat murah untuk pemain sekelas Ronaldo, mengingat Neymar saja bisa dibayar 222 juta euro saat pindah ke PSG.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Bagikan Artikel: