Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tajir Banget Bos! Ini 11 Fakta Mengejutkan tentang Jeff Bezos

        Tajir Banget Bos! Ini 11 Fakta Mengejutkan tentang Jeff Bezos Kredit Foto: Getty Image
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tak ada habisnya jika membicarakan kekayaan Jeff Bezos. Hingga detik ini, hartanya masih jadi yang terbanyak seantero bumi. Meskipun, belakangan ini kekayaan Bos Amazon itu harus lenyap US$7 miliar karena saham perusahaannya itu anjlok hingga 9%.

        Namun, berdasarkan data dari Forbes (1/11/2019), Bezos masih memiliki kekayaan sebesar US$110 miliar atau sekitar Rp1.543,3 triliun. Jumlah yang luar biasa bukan?

        Untuk lebih mengenal sosok Bezos, dan mengetahui seberapa tajirnya dia, Warta Ekonomi telah merangkum dari Business Insider (1/11/2019), berikut 11 fakta mengejutkan tentang Jeff Bezos:

        Baca Juga: 10 CEO Terbaik di Dunia, Nama Jeff Bezos Lenyap ke Mana?

        1. Memiliki kekayaan mencapai US$110 miliar

        Sudah jelas bahwa sebagian besar kekayaan Bezos disebabkan oleh sahamnya di Amazon, bukan gajinya. Bahkan, tiap tahunnya Bezos menghasilkan US$8,9 juta.

        Akan lebih mengesankan jika Anda menguraikannya menjadi seberapa banyak Bezos menghasilkan uang setiap hari, setiap jam, atau bahkan setiap detik.

        2. Bezos menghasilkan US$2.489 per detik

        Jika pendapatan per detiknya segitu, maka Bezos mampu menghasilkan US$149.353 per menit. Itu berarti bahwa hanya dalam satu menit, Bezos menghasilkan lebih dari tiga kali lipat penghasilan rata-rata pekerja AS dalam setahun (US$47.000).

        3. Setelah menceraikan MacKenzie Bezos dan menyerahkan 25% saham Amazon yang dimiliki oleh pasangannya. Jeff Bezos tetap mempertahankan peringkatnya sebagai orang terkaya di dunia

        MacKenzie Bezos sekarang adalah wanita terkaya keempat di dunia, setelah pewaris L'Oreal Francoise Bettencourt Meyers, pewaris Walmart Alice Walton, dan pewaris perusahaan permen Mars Jacqueline Mars.

        MacKenzie, yang merupakan salah satu karyawan pertama Amazon, memiliki kekayaan sebesar US$35,5 miliar.

        4. Dengan kekayaan US$110 miliar, Bezos memiliki kekayaan bersih setara dengan 30% dari 100 dana abadi perguruan tinggi AS

        Tiga perguruan tinggi terkaya di AS pada tahun 2018 berdasarkan ukuran dana abadi adalah Universitas Harvard dengan US$38,3 miliar, University of Texas dengan US$30,9 miliar, dan Universitas Yale dengan US$29,4 miliar.

        Kekayaan Bezos lebih besar dari gabungan dana abadi ketiga universitas tersebut, dengan jarak lebih dari US$11 miliar.

        Baca Juga: Ingin Menandingi Harta Jeff Bezos, Karyawan Amazon Harus Kerja Miliaran Tahun

        5. Sangat kaya sehingga Bezos menghabiskan US$1,1 juta

        Nilai rata-rata rumah tangga AS rata-rata adalah US$97.300. Jika dihitung, maka US$110 miliar dibagi dengan US$97.300 adalah sekitar US$1,1 juta.

        6. CEO Amazon itu 20% lebih kaya daripada keluarga Kerajaan Inggris

        Menurut Forbes, keluarga kerajaan Inggris itu diperkirakan memiliki kekayaan US$88 miliar pada 2017.

        7. Harta Bezos setara dengan seluruh produk domestik bruto Slovakia

        Sektor jasa di Slovakia menyumbang sekitar 61% dari PDB US$109 miliar di negara Eropa tengah.

        8. Kekayaan bersih Bezos lebih besar dari gabungan PDB Islandia, Afghanistan, dan Kosta Rika

        PDB Islandia sebesar sekitar US$24,5 miliar, Afghanistan sebesar US$19,9 miliar, dan Kosta Rika sebesar US$60,46 miliar. Jika ditotal, hampir mencapai US$105 miliar.

        9. Menurut Administrasi Jaminan Sosial, rata-rata pria Amerika dengan gelar sarjana akan menghasilkan sekitar US$2,2 juta seumur hidupnya. Bezos bisa membuat kekayaan itu tidak sampai 15 menit

        Menurut SSA, rata-rata wanita Amerika dengan gelar sarjana akan mendapatkan US$1,3 juta seumur hidupnya. Bezos, yang memiliki gelar sarjana dari Universitas Princeton, menghasilkan US$149.353 setiap menit.

        Baca Juga: Gonjang-Ganjing Perusahaan Jeff Bezos, Potong Tunjangan Kesehatan 1.900 Karyawan

        10. Bahkan jika pajak kekayaan moderat telah diterapkan hampir 40 tahun yang lalu, Bezos masih akan menjadi orang Amerika terkaya, dan orang terkaya kedua di dunia

        Pada akhir 2018, Bezos memiliki kekayaan US$160 miliar. Jika AS telah memperkenalkan pajak kekayaan moderat pada tahun 1982, ketika data Forbes 400 pertama tentang miliarder Amerika diterbitkan, kekayaan bersihnya sekarang akan menjadi sekitar setengahnya, atau US$86,8 miliar.

        Tetapi bahkan dengan kekayaan hanya US$86,8 miliar, Bezos masih akan menjadi orang Amerika terkaya dan orang terkaya kedua di dunia, hanya dikalahkan oleh pengusaha Prancis Bernard Arnault, yang saat ini memiliki kekayaan sebesar US$95,5 miliar.

        Pajak kekayaan telah menjadi topik hangat di antara kandidat presiden dari Partai Demokrat pada tahun 2019, dengan Bernie Sanders dan Elizabeth Warren menyerukan peningkatan pajak pada orang super kaya.

        11. Bezos telah kehilangan lebih banyak uang pada tahun 2019 daripada miliarder lainnya di dunia, tetapi dia masih menjadi yang terkaya di antara mereka semua

        Kekayaan Bezos hampir mencapai US$15 miliar lebih rendah dari dia pada awal 2019.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Bagikan Artikel: