Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mulai Kontrol Diabetes sampai Atasi Diare, Ini 5 Manfaat dari Biji Mangga

        Mulai Kontrol Diabetes sampai Atasi Diare, Ini 5 Manfaat dari Biji Mangga Kredit Foto: Unsplash/Phoenix Han
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Banyak orang Indonesia yang suka dengan buah mangga. Buah yang memiliki rasa manis dan legit ini punya segudang manfaat buat kesehatan. Tetapi, banyak juga orang yang belum tahu kalau manfaat mangga bukan hanya ada pada daging buahnya saja, melainkan juga bijinya.

        Biji mangga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Nutrisi biji mangga juga tidak kalah dari nutrisi yang ada di daging buah. Berbagai macam vitamin dan mineral terkandung di dalam biji mangga.?

        Biji mangga tidak bisa dikonsumsi secara langsung tetapi bisa diolah dengan beberapa cara. Ada dengan cara dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk. Lalu penasaran kan apa saja manfaat dari biji mangga? Yuk simak ulasan lengkapnya.

        Baca Juga: Menyimak Produksi Mangga di Indonesia

        1. Mengontrol diabetes

        Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji mangga terdapat sifat antidiabetik yang efektif dalam mengendalikan diabetes secara signifikan dan dapat mengurangi kadar gula darah. Mengkonsumsi ekstrak biji mangga juga bermanfaat bagi penderita diabetes dan mereka yang berisiko terkena diabetes.

        2. Meningkatkan kesehatan jantung

        Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Makanan, biji mangga memiliki manfaat yang ampuh untuk menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan terdapat aktivitas antioksidan polifenol yang tinggi dalam biji mangga.

        3. Meringankan peradangan

        Menurut International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, senyawa fenolik dalam biji mangga bertanggung jawab atas aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan sistem pencernaan dan penyakit kronis lainnya.

        4. Membantu menurunkan berat badan

        Dalam sebuah penelitian, ekstrak biji mangga meningkatkan daya tahan glukosa dan juga mengurangi obesitas. Mengkonsumsi ekstrak biji mangga dapat membantu orang yang kelebihan berat badan atau obesitas menurunkan berat badan dan kadar kolesterol

        5. Mengatasi diare

        Dalam pengobatan tradisional India, biji mangga telah digunakan untuk khasiat anti diare. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, menunjukkan bahwa ekstrak biji mangga menunjukkan sifat anti-mikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aureus.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: