Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Perkembangan Ekonomi Digital Tanah Air Butuh Pendekatan Berbasis Ekosistem

        Perkembangan Ekonomi Digital Tanah Air Butuh Pendekatan Berbasis Ekosistem Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Metode Ecosystem Based Business dinilai mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis digital di tanah air. Wakil Dekan Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) Prof. Aurik Gustomo mengungkapkan Ekosistem Based Business merupakan salah satu bagian dari proses peningkatan pertumbuhan bisnis. Namun, metode ini belum banyak diterapkan dalam bisnis digital.

        "Sistem bisnis ini menjadi salah satu perkembangan bisnis ke depan," kata Aurik ketika ditemui saat acara KM Summit di Bandung (5/11/2019).

        Baca Juga: ITB Jadi Tuan Rumah International Joint Conference 2019

        Selanjutnya, dalam mempercepat perkembangan bisnis digital harus menerapkan Society 5.0. Artinya industri 4.0 harus didukung oleh Society 5.0.?

        "Perkembangan bisnis ke depan seperti itu. Sama persis dengan proses pengembangan SBM ITB," imbuhnya.

        Implementasinya, kata Aurik, dibutuhkan sinergi dengan semua stakeholder agar mampu menciptakan keuntungan bersama. Sebab, mengandalkan pertumbuhan bisnis dengan sumber daya internal perusahaan bersifat terbatas.

        "Sumber daya internal itu ada batasannya.? Artinya jika ingin mempercepat pertumbuhan bisnis kita, maka ecosystem based business harus kita terapkan dengan bersinergi dengan semua stakeholder yang ada untuk mencapai keuntungan bersama sehingga masing-masing bisa berkembang," paparnya.

        Dia mencontohkan platform digital saat ini belum terjalin keterikatan antara mitra bisnis dengan platformnya. Begitu pun antara produsen dengan konsumennya.

        "Tidak? bisa satu market place menahan vendornya supaya mereka hanya jualan di plataform onlinenya saja, mereka jualan juga di marketplace yang lainnya. Pertanyaannya mengapa mereka sampai lari ke tempat? lain jualannya?,"ungkapnya

        Berarti keterikatan platform dengan vendornya belum tercapai. Maka, bangunlah keterikatan dengan para vendor tadi. Begitu arah bisnis ke depan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: