Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dakwah Lewat YouTube, 4 Ustad Kondang Ini Dapat Penghasilan Sebesar. . .

        Dakwah Lewat YouTube, 4 Ustad Kondang Ini Dapat Penghasilan Sebesar. . . Kredit Foto: Antara/Rahmad
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Platform YouTube saat ini banyak dimanfaatkan seseorang untuk berbagai tujuan. Mulai dari meraup cuan hingga menyampaikan dakwah melalui sebuah video.

        Ada beberapa ustad kondang di Indonesia yang menggunakan YouTube untuk berdakwah. Masyarakat pun tertarik dan banyak yang mengikutinya untuk mendapatkan ilmu agama.

        Siapa saja ustad tersebut? Dan berapa cuan yang mereka raup dari YouTube? Berikut rinciannya dilansir dari Social blade:

        Baca Juga: Menantu Aa Gym, Sosok Pengusaha Properti Termuda Se-Asia Tenggara

        1. Aa Gym

        Nama penceramah Aa Gym memang sudah terkenal cukup lama. Meski sempat menghebohkan publik dengan poligami yang dilakukannya, Aa Gym tetap menjadi penceramah favorit banyak orang.

        Termasuk di media sosial, Aa Gym memiliki banyak pengikut di akun Instagramnya, yaitu mencapai 5 juta dan 211 subscribers di channel YouTube-nya, Aagym Official.

        Sudah bergabung sejak tahun 2016, Aa Gym diperkirakan mendapatkan penghasilan dari YouTube sekitar US$283 atau setara Rp4 juta hingga US$4.500 atau setara Rp63,3 juta per bulan.

        2. Adi Hidayat

        Selain Aa Gym, Ustad Adi Hidayat juga menjadi salah satu dai kondang di Indonesia. Tausiah ustad yang dijuluki ilmu Alquran ini juga banyak beredar di Instagram dan YouTube.

        Selain memiliki 2,4 juta pengikut di Instagram, pria yang akrab disapa UAH itu juga sudah memiliki 369 ribu subscribers di channel YouTube-nya, Adi Hidayat Official.

        Baca Juga: Film 'Suami Yang Menangis', Berkisah Tentang Kisah Nyata Mendiang Ustad Arifin Ilham

        Ada 172 video yang sudah diunggah di akun YouTube-nya. Sehingga, mengantarkan Ustad Adi Hidayat diprediksi oleh Social Blade menghasilkan uang sekitar US$361 atau setara dengan Rp5,1 juta hingga US$5.800 atau setara dengan Rp81,6 juta per bulan.

        3. Hanan Attaki

        Nama Ustad Hanan Attaki tentu sudah tak asing lagi di telinga banyak orang, terutama para anak muda.

        Gaya ceramahnya yang mudah dicerna dan kerap membahas mengenai kehidupan para anak muda membuat Hanan Attaki semakin digemari banyak orang.

        Termasuk di Instagram, Ustad lulusan Al-Azhar, Kairo ini sudah memiliki 7,8 juta followers. Bukan cuma di Instagram, dia juga terkenal di YouTube lho dan bahkan sudah memiliki 823 subscribers.

        Seperti yang dikutip dari Social Blade, Ustad yang kerap mengenakan topi ini mendapatkan penghasilan dari YouTube sekitar US$443 hingga US$7.100 yang jika dirupiahkan sekitar Rp6,2 juta hingga Rp99,9 juta per bulan.

        Baca Juga: 5 Kontroversi Ustaz Somad yang Pernah Bikin Geger

        4. Abdul Somad

        Pemilik nama lengkap Abdul Somad Batubara atau yang lebih dikenal dengan Ustad Abdul Somad merupakan salah satu penceramah yang digemari banyak orang.

        Cara berceramahnya yang sederhana dan kerap diselingi lawakan itu membuat namanya semakin terkenal. Ustad Abdul Somad juga sangat populer di Instagram, dan YouTube.

        Saking tenarnya, dia berhasil meraih penghargaan Gold Play Button karena mendapatkan 1 juta subscribers lewat channel YouTube Tafaquh Video.

        Tapi, kini dai berusia 42 tahun ini memiliki channel YouTube sendiri yang bernama Ustad Abdul Somad Official dan sudah memiliki 310 ribu subscribers.

        Seperti yang dilansir dari Social Blade, Ustad Abdul Somad mendapatkan penghasilan mulai dari US$586 atau sekitar Rp8,2 juta sampai US$9.400 atau setara Rp132,3 juta per bulan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Bagikan Artikel: