Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Rambut Rontok Jadi Masalah? Tenang, Begini Langkah Tepat Atasinya

        Rambut Rontok Jadi Masalah? Tenang, Begini Langkah Tepat Atasinya Kredit Foto: Friday Magazine
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Secara alami, rambut rontok tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, hal tersebut masih bisa diatasi dengan perawatan lanjutan seperti PRP, transplantasi rambut, dan jarum mikro.

        Menjalani perawatan semacam itu merupakan keputusan yang besar. Jika diberi pilihan, semua orang lebih memilih menumbuhkan rambut mereka secara alami.

        Rambut rontok tidak datang tiba-tiba, dan dapat dikontrol pada tahap awal. Mengecilnya garis rambut, penipisan rambut, dan bercak botak bisa menjadi tanda-tanda rambut rontok.

        Baca Juga: 6 Cara Merawat dan Menjaga Rambut Tetap Panjang dan Sehat

        Seperti dikutip Times of India, ahli bedah transplantasi rambut di Medlinks, dr. Gaurang Krishna mengungkapkan jika ada beberapa cara yang dapat dilakukan seseorang untuk mencegah kerontokan rambut. Dan berikut cara-cara yang bisa Anda coba.

        1. Konsultasi dengan yang ahli

        Tanda-tanda awal kerontokan rambut adalah penipisan pada rambut. Ketika rambut Anda mulai jarang dan lebih tipis volumenya, Anda harus sedikit berhati-hati. Kunjungi ahli yang dapat mengakses kondisi dan membantu Anda dengan pilihan perawatan.

        2. Fokus pada diet Anda

        Apa yang Anda makan dapat memiliki efek besar pada rambut Anda. Sertakan jenis protein dan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin A, C, D, zat besi dan biotin dapat memperlambat proses pertumbuhan rambut, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut di masa depan.

        3. Minum suplemen

        Menurut dr. Gaurang, biasanya saat diet kita akan kekurangan banyak zat gizi mikro dan protein. Dengan menambahkan beberapa suplemen dapat membantu memperkuat rambut yang sudah ada.

        Dia juga menyarankan suplemen seperti biotin, seng, kalsium pantothenate, vitamin D, asam lemak omega 3 dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Dosisnya pun berbeda untuk masing-masing orang. Maka dari itu berkonsultasi dengan dokter adalah suatu keharusan sebelum mengambil segala bentuk suplemen untuk rambut.

        Baca Juga: Rela Cukur Rambut Demi Pujaan Hati, Begini Kisah Asmara Wanita Paling Berbulu di Dunia

        4. Kurangi stres

        Percaya atau tidak, stres bisa menjadi faktor utama kerontokan rambut. Hormon yang dilepaskan oleh tubuh di bawah tekanan dapat merusak siklus pertumbuhan. Cobalah untuk meminimalkan stres dengan bermeditasi, berolahraga, dan mempertahankan pola makan yang baik.

        5. Ubah produk sampo dan cara pemakaiannya

        Jika Anda mengalami rambut rontok lebih dari biasanya, Anda mungkin perlu mengganti sampo yang lain. Ada banyak produk yang bisa menangani masalah kerontokan pada rambut. Pastikan juga Anda keramas secara teratur dan tidak terlalu sering. Menurut dr.Gaurang, tergantung pada jenis rambutnya, seseorang harus membatasi keramas hingga 2-3 kali seminggu.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: