Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Fitur Likes Dihapus Instagram, Toko Online Tak Perlu Khawatir!

        Fitur Likes Dihapus Instagram, Toko Online Tak Perlu Khawatir! Kredit Foto: Foto/Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Instagram telah memberlakukan uji coba penghapusan fitur "likes" di beberapa negara, termasuk Indonesia. Chief Executive Instagram, Adam Mosseri, menyatakan bahwa alasan kesehatan mental menjadi salah satu alasan uji coba ini dilakukan.

        "Idenya adalah untuk mengurangi tekanan dan kompetisi di Instagram. Kami ingin memberi lebih banyak ruang untuk fokus dalam berinteraksi dengan orang yang mereka cintai dan menikmati hal-hal yang menginspirasi mereka," ungkap CEO Instagram dalam pengumuman resmi di San Fransisco April lalu.

        Baca Juga: Fitur Like Instagram Hilang Nih, Akunmu Masih Bisa Lihat Enggak?

        Menurut pakar digital marketing, hilangnya likes ini juga merupakan upaya Instagram menjaga originalitas interaksi antara penggunanya. Hal ini juga diharapkan membuat pengguna lebih fokus mengapresiasi konten visual dan teks pada caption.

        Di Indonesia, Instagram sudah menjadi media sosial yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone. Penghapusan fitur likes?ini tentu berpengaruh bagi penggunanya, salah satunya adalah bagi pemilik bisnis yang menjadikan Instagram layaknya toko online bagi mereka. Akun toko online ini rata-rata memanfaatkan Instagram untuk memasarkan produk hingga berinteraksi dengan calon pelanggan. Dalam melakukan marketing di Instagram, toko online pun bergantung dengan keberadaan selebgram dan influencer.

        Lalu, bagaimana pemilik bisnis menyiasati hilangnya angka likes?di Instagram? Apa langkah yang harus dilakukan toko online ini agar perubahan aturan Instagram ini tidak berdampak buruk pada bisnisnya?

        1. Perhatikan Konten Iklan untuk Selebgram

        Banyak toko online berinvestasi pada influencer marketing untuk menambah jangkauan pemasaran produk. Influencer atau selebgram ini rata-rata memiliki massa yang loyal dan aktif memberikan likes?hingga komentar di Instagram.

        Dengan berubahnya algoritma Instagram, pemilik toko online pun harus mengubah strategi pemasaran melalui selebgram. Alih-alih berfokus pada likes?yang didapat dari sebuah post, engagement dan interaksi dapat menjadi parameter efektivitas sebuah influencer marketing.

        Huffpost merilis data, penjelasan teks yang ada dalam sebuah foto unggahan di Instagram akan meningkatkan interaksi sebesar 44%. Menumbuhkan diskusi dan tanggapan di kolom komentar juga akan menambahkan nilai pembeda sebuah brand dari lainnya.

        Penting bagi para pemilik bisnis untuk mengkaji ulang konten visual dan tulisan dalam caption sebelum disampaikan kepada selebgram. Pastikan konten tersebut mengundang interaksi dan komentar positif dari calon pelanggan.

        2. Manfaatkan Instagram Stories

        Pendiri platform periklanan Social Native, David Shadpour, menjelaskan bahwa penghapusan likes?merupakan strategi memaksimalkan fungsi stories pada Instagram. Instastory pun saat ini sudah dilengkapi dengan fitur seperti polling, voting, tanya jawab, dan swipe up untuk menambah interaksi dengan pengunjung Instagram.

        Pakar pemasaran digital Neil Patel menyatakan 30% konsumen memutuskan membeli produk ketika mereka sedang berkunjung ke akun Instagram toko online. Pemilik toko online dapat memanfaatkan fitur swipe up pada Instastory untuk mendorong pengunjung ke website hingga ke kontak WhatsApp. Fitur swipe up yang mengarah pada link website, akun, atau marketplace juga dapat meningkatkan potensi pembelian secara langsung oleh pengunjung Instagram.

        Baca Juga: Komik dan Game Online Jadi Ladang Cuan Bagi Pria Ini, Simak Kisahnya

        3. Hadirlah di Platform Go Online Lainnya

        Tujuan awal Instagram adalah sebagai platform untuk berinteraksi dan berjejaring melalui media foto. Merujuk dari fungsi awalnya, Instagram bukanlah platform ideal satu-satunya yang dimiliki oleh pebisnis untuk go online.

        Selain media sosial, website dan marketplace dapat menjadi platform "yang lebih aman" untuk go online. Perusahaan penyedia layanan web-hosting Niagahoster menyatakan website dapat meningkatkan kredibilitas dan branding sebuah bisnis. Sementara, marketplace menawarkan kemudahan dalam transaksi dan menjangkau pasar yang ramai.

        Keduanya merupakan investasi digital bagi pemilik bisnis. Menggabungkan media sosial, marketplace, dan website dalam memasarkan produk juga disarankan untuk dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: