Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Teknologi Honeywell Dukung Pertumbuhan E-Commerce hingga Rantai Pasokan

        Teknologi Honeywell Dukung Pertumbuhan E-Commerce hingga Rantai Pasokan Kredit Foto: Honeywell
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Honeywell dan beberapa pelaku industri mengadakan forum diskusi membahas peluang dan teknologi serta solusi yang tepat untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di industri ritel, e-commerce, dan rantai pasokan di Indonesia beberapa waktu lalu.

        Turut berbicara di forum itu adalah Roy Kosasih (Presiden Honeywell Indonesia), Lisa Widodo (Kepala Operasi dan Manajemen Produk Blibli), Subakti Setiawan (Managing Director Linc Group), dan Ronny Ritongadi (CEO 8commerce).

        "Honeywell berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dengan menghadirkan solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan-tantangan utamanya," ujar Roy Kosasih dalam keterangannya belum lama ini.

        Baca Juga: Honeywell Hadirkan Teknologi untuk Rekayasa Sistem Kontrol Industri

        Honeywell, kata dia, membantu pelaku industri menggunakan teknologi yang tepat dengan serangkaian solusi cerdas yang mampu memfasilitasi gudang dan rantai pasokan yang terhubung.

        "Operator dapat menerima, menyimpan, dan mengirimkan barang-barang dengan cepat dan akurat menggunakan sistim, perangkat lunak dan keras yang canggih, didukungan dengan sistem kecerdasan buatan dan teknologi komputer seluler," papar Roy.

        Mulai dari etalase toko hingga gudang, solusi Honeywell ritel fokus agar karyawan bisa selalu menangani barang dagangan dan menggunakan aset dengan cepat, tepat, akurat dan efisien.

        Pelaku industri dapat selalu terhubung dengan pedangan lainnya dan pelanggan mereka hingga stok barang selalu diketahui, pemesanan berjalan secara otomatis, dan setiap tahapan logistik serta proses perdagangan berjalan mulus tanpa hambatan.

        "Perusahaan ritel, e-commerce,?dan para pedagang juga bisa menggunakan teknologi Mobility Edge berbasis Android 11 yang sudah terbukti di penjuru dunia," beber Roy.

        Honeywell pun mengklaim memiliki pengalaman teruji dalam membantu pusat distribusi terhubung (distribution center/DC) untuk menyederhanakan operasional e-commerce yang kompleks.

        Honeywell Warehouse Management System menyatukan peralatan otomatis, alur kerja, pesanan, dan tenaga kerja dalam platform terpadu agar operator pusat bisa selalu melihat setiap langkah secara real-time hingga efisiensi bisa selalu dijaga.

        Roy sampaikan, "Sistem ini mengelola setiap tahan operasional e-commerce, termasuk stok opnam toko dan pusat distribusi grosir secara efisien, tepat, dan akurat."

        Teknologi dan layanan dukungan teknis Honeywell, lanjut Roy, dapat membantu penyedia logistik memperluas kapabilitas pengiriman dagangan e-commerce, meningkatkan produktivitas di dermaga pengiriman, memastikan akurasi pemesanan, dan memperluas kapasitas layanan bernilai tambah, termasuk manajemen barang dagangan yang dikembalikan atau penanganan produk khusus.

        Sementara Kepala Operasi dan Manajemen Produk Blibli.com, Lisa Widodo mengungkapkan, pihaknya sudah menggunakan teknologi dan layanan dukungan teknis Honeywell. E-commerce milik GDP Venture ini mengklaim tumbuh dengan angka signifikan.

        Berdasar catatan internal perusahaa, pada semester I 2019, pemesanan di Blibli.com meningkat 400% dibanding periode sama tahun lalu. Jumlah merchant yang bekerja sama dengan Blibli.com juga meningkat hingga 250%.

        Menurut Lisa, teknologi Honeywell ini dapat memperluas kapabilitas pengiriman dagangan e-commerce, meningkatkan produktivitas pengiriman, memastikan akurasi pemesanan, dan memperluas kapasitas layanan bernilai tambah, termasuk manajemen barang dagangan yang dikembalikan atau penanganan produk khusus.

        "Kami percaya supply chain adalah jantung perusahaan. Kami sekarang ini menggunakan produk Honneywell baru untuk picking dan handover. Ini saja sudah membantu 20-30% efisiensi dalam bentuk waktu. Kalau skalanya lebih besar, maka lebih besar lagi pengaruhnya terhadap efisiensi," paparnya.

        Baca Juga: Honeywell Tawarkan Layanan Rekomendasi secara Real Time

        Sambungnya, "Kami semula menggunakan sistem konvesional smartphone, kini beralih menggunakan teknologi Honeywell yang lebih canggih dan menjadikan operasional jadi efisien dan mencapai pertumbuhan pendapatan lebih tinggi dari sebelumnya."

        Dari sisi keselamatan, teknologi Honeywell turut memperhatikan keselamatan karyawan di lapangan, yang mencakup monitor dan detektor yang dikenakan langsung saat bekerja hingga ancaman seperti gas berbahaya bisa diketahui serta posisi dan lokasi karyawan dapat selalu terpantau.

        "Teknologi ini menggabungkan teknologi suara dengan analitik prediktif untuk pencegahan insiden sebelum terjadi," tukas Roy.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: