Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Viral YouTuber Minta Liburan Gratis Dibayar Endorse, Netizen: Mau Posting Sampe Diare?

        Viral YouTuber Minta Liburan Gratis Dibayar Endorse, Netizen: Mau Posting Sampe Diare? Kredit Foto: Instagram
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        YouTuber terkaya Tanah Air menjadi bahan julidan Netizen, karena diduga minta liburan gratis ke Amerika Serikat, kepada sebuah agen travel daring. Tak tanggung-tanggung, YouTuber tersebut minta paket liburan untuk 20 orang.

        Kasus ini pun mendadak ramai diperbincangkan setelah cuitan seorang pengguna Twitter viral di media sosial. Diduga YouTuber terkaya yang minta liburan gratis itu adalah Atta Halilintar.

        Meski tidak disebutkan secara gamblang, dalam cuitannya @NN*gie menjelaskan, ada seorang YouTuber terkaya yang mengajukan kerja sama kepada timnya, untuk melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, sekira dua minggu untuk 20 orang.

        Baca Juga: Unik Banget, Bocah Ini Sukses Pancing Ikan Nila di Tengah Banjir, Bapaknya: Terima Kasih Jakarta!

        ?

        "Ada seorang YouTuber request arrange trip keluarganya di Amerika Serikat berdua puluh, dua minggu perjalanan ke New York dan Los Angeles," tulis @NN*gie.

        Sayangnya, saat ditanya apa timbal balik yang akan diberikan oleh sang YouTuber, jawaban mereka justru sangat mengejutkan. "Pas di-follow up sama tim produk gue minta dibayarnya pake barter postingan di Instagram dan Vlog Youtube wkwkwkwkwkwk," tambahnya.

        Netizen tersebut menyayangkan permintaan sang YouTuber yang meminta liburan gratis untuk 20 orang tersebut. Dia juga menilai sang YouTuber sangat tega saat meminta endorse.

        "Mbok ya kalau minta gratisan cuma satu orang kita kasih deh. Atau kalau minta diskon juga kita kasih. Tapi minta pelayanan untuk 20 orang dibayar pake exposure IG dan vlog itu mah tega," bebernya.

        Unggahan tersebut sontak mencuri perhatian para Netizen. Bahkan, salah seorang netizen sempat mengalami kejadian serupa.

        Respons pertama datang dari akun twitter @ayasw****. Ia membagikan tangkapan kamera berisi permintaan kerjasama yang diajukan oleh salah satu anggota tim YouTuber ternama Indonesia.

        "Nitip, ke perusahaan travel saya juga mereka melakukan hal yang sama. Lebih parahnya, mereka kirim direct massage (DM), dengan bahasa yang menurut saya ya kalau mau minta sponsor, harusnya bisa lebih baik lagi. Terlebih di deskripsi profil kami ada alamat email. Sampai saya enggak balas itu DM. Speechless," tulisnya.

        Dari unggahan inilah, Netizen Indonesia semakin semakin menduga bahwa cuitan @NN*gie, ditujukan kepada keluarga Atta Halilintar. Dalam keterangan foto, tertulis kalimat family influencer terbesar nomor satu di Asia, bahkan dunia. Ditambah dengan total subscriber mencapai lebih dari 70 juta orang.

        Tak hanya itu, pada kalimat pembuka terdapat kata-kata yang disensor secara tidak sempurna. Namun bisa dilihat dengan jelas potongan katanya menyebut 'tar team' atau merujuk pada keluarga YouTuber kaya itu.

        Komentar selanjutnya datang dari akun Twitter @masr***. Berbeda dengan N*gie dan Ay*, ia membagikan cerita unik yang dialami oleh salah satu temannya.

        "Kalau benar ini keluarga petir. Teman gue pernah punya pengalaman serupa. Teman gue buka jasa servis AC, pernah servis ke rumahnya di PI. Awalnya normal saja servis terus dibayar. Eh, ditawarin buat service AC yang lainnya, tapi barter dengan dipromosiin di media sosial :))," tulisnya.

        Sejumlah Netizen pun juga tidak mau ketinggalan melontarkan kritikan tajam. Mereka sepertinya sudah jengan melihat fenomena influencer meminta endorse dengan bayaran exposure di media sosial.

        "Oh gitu ya kalau sudah kaya, ngemis-ngemis ke orang. Bukannya sedekah ngasih rezeki ke orang malah nyusahin. Kaya harta miskin etika," tulis akun @bikebase***.? "Yawlaaaa, 20 orang tiketnya aja udah Rp1 Miliyar. Mau posting sampe diare?," tulis akun @FunJun****.

        "Semoga aman mas, soalnya objek yang dibicarakan kayanya semua orang bisa nebak. Seleb-seleb sekarang suka nuntut-nuntut dan pamer lawyer," tulis akun @edofa****.

        "Dulu gua seneng banget sama family ini, cuman ya toh kok gitu-gitu saja, membosankan banget. Lifestyle-nya juga berlebihan, hedon pula. Eh tahu-tahu ada kasus begini. Ya, makin berkurang lah respect aku :) Senang sama mereka yang dulu wkwk," tulis akun @sale***mez.

        Menanggapi kasus ini, Atta Halilintar melalui akun pribadinya sempat menjelaskan duduk perkara, kepada salah seorang Netizen melalui direct message. Ia mengatakan, selama ini seluruh anggota keluarganya selalu mengeluarkan biaya sendiri bila ingin plesir ke luar negeri.

        Namun, Atta Halilintar tidak menampik bila ia dan keluarganya juga pernah mengajukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan perjalanan.

        "Kenapa bang bos? Sampai sekarang kita biaya sendiri, tiket pesawat sendiri, hotel sendiri. Kalau memang ada tim keluarga saya salah ngajak kerja sama dengan brand kah? Mau kerjasama ayuk, kalau tidak ya tidak apa :). Mungkin Anda lebih pintar dan lebih baik dari saya dan keluarga :). God Bless You!," tulis Atta Halilintar.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: