Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Selama Nataru Pelni Ketiban 600 Ribu Lebih Penumpang, Alhamdulillah. . .

        Selama Nataru Pelni Ketiban 600 Ribu Lebih Penumpang, Alhamdulillah. . . Kredit Foto: Antara/Izaac Mulyawan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni sukses menyelenggarakan pelaksanaan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) dengan aman, lancar, dan selamat.?

        Selama periode tersebut, perseroan telah mengantarkan sebanyak 601.649 pelanggan menuju berbagai wilayah di Nusantara. Jumlah tersebut naik 16% dibandingkan dengan 2018 yang mencapai 516.825 pelanggan.

        Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Yahya Kuncoro mengatakan, dari 601.649 pelanggan tersebut, terdiri atas 536.756 pelanggan pengguna kapal penumpang dan 64.893 pelanggan kapal perintis.

        Baca Juga: Pelni Angkut 10 Ribu Lebih Wisatawan ke Karimunjawa Sepanjang 2019

        "Jumlah pelanggan kami mencapai puncaknya pada H-4 (21/12/2019) dengan jumlah mencapai 37.662 pelanggan serta pada H+10 (4/1/2020) dengan jumlah pelanggan sebesar 26.343," terang Yahya Kuncoro, Kamis (9/1/2020).

        Perseroan membagi tiga wilayah pantau, yaitu wilayah Indonesia Barat, Tengah, dan Timur dalam melayani Nataru. Dalam periode tersebut, jumlah pelanggan terbanyak untuk Barat terdiri cabang Batam (28.755), Tanjung Priok (27.085), Surabaya (25.965), serta Belawan (20.911).?

        Di wilayah Tengah, terdiri cabang Makassar (48.167), Baubau (22.581), Balikpapan (19.622), Kupang (13.464), serta Pare Pare (11.584). Sedangkan jumlah pelanggan terbanyak untuk Timur terdiri cabang Sorong (30.211), Ambon (28.900), Manokwari (27.220), Jayapura (26.564), dan Nabire (11.666) pelanggan.

        Peningkatan jumlah pelanggan tersebut juga didukung dengan adanya peningkatan pelayanan seperti kemudahan cara memperoleh tiket yang dapat diakses dengan HP, cara pembayaran yang semakin mudah dengan kartu debit, serta kebijakan free bagasi hingga 40 kg dengan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk setiap penumpang menjadi daya tarik bagi masyarakat.

        Baca Juga: Tak Cuma Pelni, Menteri Erick Juga Rombak Direksi ASDP Indonesia Ferry

        Yahya bilang, "Saat ini kami terus mengupayakan kemudahan bagi para pelanggan, terutama dalam mendapatkan tiket kapal. Pelanggan dapat mengakses website resmi Pelni, aplikasi Pelni Mobile App, agen resmi dan loket-loket di kantor cabang."

        "Penumpang cukup memesan tiket via HP dan melakukan pembayaran melalui ATM atau Indomaret dan Alfamart terdekat. Setelah mendapat kode booking, tiket dapat dicetak saat akan berangkat di pelabuhan keberangkatan," tutup Yahya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bambang Ismoyo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: