Kenapa Telkomsel dan IndiHome Masih Blokir Netflix? Begini Jawaban Perusahaan . . . .
Kenapa Netflix diblokir Telkomsel dan IndiHome? Salah satu perwakilan Telkom Indonesia akhirnya buka suara untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Dalam menjalin kerja sama dengan?platform over-the-top (OTT) seperti Netflix, Telkom Indonesia perlu membahas kesepakatan yang membahas beberapa syarat; termasuk pembagian pendapatan dan konten.
"Selama kesepakatan kami dengan Netflix menguntungkan dan memenuhi syarat dan ketentuan, kami netral," kata?Direktur Bisnis Digital Telkomsel Indonesia, Faizal Djoemadi, dikutip dari?KrAsia, Jumat (17/1/2020).
Baca Juga: Pengamat Bilang Langkah Nadiem Gandeng Netflix Bukan Terobosan tapi...
Baca Juga: Kenapa Netflix Belum Bisa Diakses Pakai Indihome atau Telkomsel? Begini Jawabannya . . . .
Akan tetapi, menurut Faizal, ada satu persyaratan yang tidak ingin dipenuhi oleh Netflix dan itu berkaitan dengan konten.
Faizal menjelaskan, "yaitu untuk menarik kembali konten bermasalah dalam 24 jam."
Salah satu contoh konten bermasalah ialah konten yang mengandung pornografi atau kekerasan. Peraturan yang sama ia akui juga berlaku bagi seluruh platform?OTT selain Netflix, menurutnya.
"Misal, dengan HBO, jika ada keluhan publik tentang pornografi atau kekerasan, kami meminta HBO menghapus kontennya, mereka setuju," terang Faizal.
Lebih lanjut, ia mengklaim persyaratan tersebut dibuat demi memenuhi regulasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan jaminan kepada Yayasan Layanan Konsumen Indonesia (YLKI).
"Ini bagian dari jaminan kami kepada YLKI," imbuhnya.
Di sisi lain, YLKI berpendapat tindakan pemblokiran itu berpotensi melanggar sejumlah hak konsumen, khususnya hak untuk mengakses informasi.?
Ketua YLKI, Sudaryatmo menjelaskan poin yang membuat pemblokiran tersebut merugikan konsumen, yakni jangkauan jaringan internet Telkom yang lebih luas dibanding operator lainnya. Itu artinya, konsumen tidak punya pilihan penyedia jaringan lainnya untuk dapat mengakes Netflix.?
"Kalau pemblokiran itu menghambat konsumen mendapat informasi, mestinya dapat dipersoalkan. Kenapa Telkom memblokir? Karena dia (Telkom) tahu posisi konsumen tidak bisa memilih (jaringan internet," jelas Sudaryatmo, Jakarta, Kamis (16/1/2020) kemarin.
Telkom Indonesia sudah memblokir Netflix selama empat tahun, tepatnya sejak 2016. Namun, operator telekomunikasi lain tak melakukan hal yang sama dengan Telkom.
Indihome memang sudah menjangkau 7 juta pelanggan, Telkom bahkan mengklaim jumlah itu lebih besar dibanding milik total pengguna dari Biznet serta MyRepublic. Telkomsel pun memiliki 170,9 juta pelanggan pada kuartal ketiga 2019.
Maka dapat dipastikan, jutaan pelanggan itu tak bisa mengakses Netflix tanpa menggunakan VPN.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna