Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pembangunan Terowongan Nanjung yang Cegat Banjir di Bandung Telan Dana Rp316 Miliar

        Pembangunan Terowongan Nanjung yang Cegat Banjir di Bandung Telan Dana Rp316 Miliar Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Terowongan Sungai Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1). Hadir mendampingi Kepala Negara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sosial Julian Batubara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang M. Nasser, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) Tumiyana, dan Direktur Operasi I Perseroan, Agung Budi Waskito.

        Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dengan dengan beroperasinya Terowongan Sungai Nanjung ini, kelak akan mengurangi waktu dan area luasan genangan hingga 700 Ha bilamana banjir melanda di daerah terdampak.

        "Alhamdulillah pembangunan Terowongan Nanjung yang menjadi bagian dari pengendalian banjir di cekungan Bandung sudah selesai," ungkap Presiden Joko Widodo.

        Baca Juga: Menteri PUPR Bilang Terowongan Nanjung Efektif Atasi Banjir Bandung Raya

        Terowongan Sungai Nanjung dibangun oleh Kementerian PUPR untuk penanganan luapain air Sungai Citarum yang kerap kali merendam ribuan hektar pemukiman warga, khususnya Kota dan Kabupaten Bandung. Proyek ini memiliki dua terowongan masing-masing 230 meter dan diproyeksikan dapat meningkatkan kapasitas Sungai Citarum yang semula Q5 570 m?/s menjadi Q20 669 m?/s dan mengurangi total luas genangan air yang semula 3.461 Ha, menjadi 2.761 Ha.

        Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Terowongan Nanjung Minimalisir Banjir DAS Citarum

        WIKA-ADHI JO yang ditunjuk sebagai kontraktor pelaksana, melaksanakan pekerjaan dengan lingkup Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Dua Terowongan masing-masing panjang 230 meter, Pekerjaan Bangunan Inlet Hidromekanikal, Pekerjaan Bangunan Outlet (Sediment Trap), Pekerjaan Jalan Inpeksi hingga Pekerjaan Jembatan Rangka Baja sepanjang 81 meter dengan nilai kontrak Rp316,014 miliar.?

        Pembangunannya pun mengadopsi konsep penggalian (excavation) dengan NATM (New Austrian Tunneling Method) atau biasa disebut SEM (Sequential Excavation Method), sebuah penggalian terowongan yang dilakukan secara manual dan bertahap.?

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Annisa Nurfitri

        Bagikan Artikel: