Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pembayaran Digital Terus Bersaing Ketat, Perang Cashback Masih Jadi Senjata

        Pembayaran Digital Terus Bersaing Ketat, Perang Cashback Masih Jadi Senjata Kredit Foto: Antara/Risky Andrianto
        Warta Ekonomi, Bogor -

        Kompetisi masih berlangsung di antara aplikasi pembayaran digital Tanah Air, dari Ovo, Gopay, Dana, LinkAja, dan pemain lainnya. Demi menarik pengguna, deretan aplikasi itu menjajakan keuntungan dalam bentuk promosi; yang paling dikenal pengguna disebut?cashback.

        Di tahap awal pemakaian pembayaran digital,?cashback jadi unsur penting untuk menarik minat pengguna terhadap aplikasi. Karena itu, nilai?cashback awalnya terbilang cukup besar--mencapai lebih dari 60%.

        Penawaran seperti itulah yang akhirnya membuat pengguna tidak setia pada satu aplikasi; lebih memilih menggunakan aplikasi mana yang memberi?cashback?paling besar dan benefit paling menguntungkan.

        Baca Juga: Basi! Tradisi 'Bakar Uang' di Industri Dompet Digital Udah Nggak Zaman

        Tentunya, hal itu membuat para pemain pembayaran digital berlomba-lomba menggandeng mitra untuk memberikan promo sebanyak mungkin. Ini dia beberapa contohnya:

        1. GoPay

        Gopay menggandeng berbagai mitra penjual untuk menawarkan?cashback, beberapa di antaranya ialah: AEON Mall (cashback?30%), CGV (cashback 10%), dan A&W (cashback 10%).

        Dengan basis pengguna aplikasi Gojek di Google Play, promo tersebut tentu akan terekspose ke lebih dari 50 juta orang.

        2. Ovo

        Selain memiliki aplikasi mandiri yang mencatatkan 10 juta unduhan, Ovo juga terintegrasi di sejumlah aplikasi seperti Grab dengan lebih dari 100 juta pengguna.

        Basis pengguna sebesar itu membuat Ovo menawarkan banyak?cashback. Yang terbaru datang dalam bentuk program Gajian Hoki Semua Hepi,?cashback-nya mencapai 60%.

        3. Dana

        Dana mencatatkan lebih dari 10 juta pengguna di Google Play, itu belum termasuk pengguna dari aplikasi yang terhubung dengan sistem pembayarannya seperti Bukalapak dan Samsung Pay.

        Program?cashback?terbarunya bernilai 40%, berlaku sejak 6 Januari-29 Februari mendatang.

        4. LinkAja

        Pembayaran digital pelat merah ini mencatatkan lebih dari 10 juta pengguna di Google Play. LinkAja lebih berfokus pada layanan transportasi publik, seperti Kereta Rel Listrik (Commuter Line), railink, dan kereta api lokal.

        Akan tetapi, LinkAja juga menawarkan?cashback di berbagai mitra, dari F&B hingga pengisian bahan bakar. Beberapa di antaranya, yakni:?cashback?30% di Family Mart,?cashback 20% di McDonalds, dan?cashback?25% di SPBU Pertamina.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Tanayastri Dini Isna
        Editor: Tanayastri Dini Isna

        Bagikan Artikel: