Kredit Foto: Semen Padang
PT Semen Padang meraih penghargaan Gold Brand Equity Award kategori industri semen pada ajang CSR Brand Equity Award 2020 yang diadakan Iconomic, Kamis (27/2/2020). Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai terdepan dalam bidang CSR melalui survei pada Januari 2020 dan melibatkan lebih dari 10.000 responden secara online.
"Alhamdulillah ini merupakan prestasi menggembirakan yang diraih perusahaan pada awal 2020 di bidang CSR. Penghargaan ini sekaligus pengakuan dari pihak ketiga atas komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program CSR," kata Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri yang didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Oktoweri usai menerima penghargaan di Jakarta.
Penghargaan ini menambah deretan penghargaan Semen Padang di bidang CSR, di antaranya 13 penghargaan pada Indonesian CSR Award (ICA) 2014 oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD). Pada ICA 2017 sebanyak 15 penghargaan.
Baca Juga: Berevolusi, Semen Indonesia Sekarang Jadi Penyedia Solusi Bahan Bangunan
Kemudian penghargaan Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2017. Pada 2018, penghargaan TOP CSR 2018 untuk tiga kategori (TOP Leader on CSR Commitment 2018 untuk Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, TOP CSR 2018 untuk Program Kelembagaan Sosial Ekonomi, serta TOP CSR 2018 untuk Program Pengelolaan dan Pengembangan Lingkungan Hidup).
Selanjutnya, Padmamitra Award's 2018 untuk kategori bidang kemiskinan dari Kementerian Sosial.
Yosviandri mengatakan, penghargaan ini bisa menjadi penambah motivasi, bagian dari evaluasi serta peningkatan dari perusahaan untuk lebih baik lagi dalam melaksanakan program CSR ke depan sesuai dengan standar atau kaidah yang ditetapkan lembaga bekualitas.
"Perusahaan memandang CSR bukan hanya tool biasa, melainkan sebagai keunggulan bersaing untuk mendukung jalannya perusahaan. Karena itu, segenap insan Semen Padang berkomitmen serius menjalankan program CSR, mulai dari pimpinan puncak hingga pelaksana di lapangan," katanya.
Perusahaan, lanjut Yosviandri, terus merancang program-program untuk masyarakat lingkungan. Di antaranya, Basinergi Mambangun Nagari bersama Forum Nagari yang didirikan oleh perusahaan bersama masyarakat, UPZ Baznas Semen Padang, Tim Reaksi Cepat (TRC SP), yang fokus ke tanggap darurat kebencanaan. Selanjutnya Gallery Balanjo Semen Padang berupa mini market/gallery khusus menjual produk unggulan mitra binaan serta program pemberdayaan lainnya.
Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi merespons positif keberhasilan perusahaan semen pertama di Indonesia itu meraih Gold Brand Equity Award.
"Sudah jadi tradisi oleh Semen Padang selalu di papan atas soal CSR. Prestasi ini membuktikan Semen Padang serius soal CSR," kata Khairul.
Baca Juga: Ekonomi Lestari Menggaung, BKPM Dukung Diadopsi
Menurut wartawan senior itu, CSR Semen Padang memang sudah lama dikelola dengan baik dan terukur. Dalam perusahaan dan holding PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, hal ini diakui.
"Pemerintah daerah juga tahu Semen Padang sudah mengelola CSR dengan baik. Ratusan UMKM telah dibantu. Ribuan anak sekolah dapat beasiswa. Jika Semen Padang tak ada di Sumbar, maka CSR Semen Padang otomatis tak ada," katanya.?
Atas dasar itu, Dewan Komisaris mengapresiasi dan mendukung direksi beserta seluruh jajaran untuk terus mengelola perusahaan dengan seimbang, tak hanya dari sisi profit tapi juga planet dan people. Di samping mengejar profit untuk shareholder, Semen Padang diharapkan terus mengelola community lewat program CSR dan environmental friendly (ramah lingkungan).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: