Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        3 Negara Laporkan Kasus Pertama Infeksi Corona Covid-19

        3 Negara Laporkan Kasus Pertama Infeksi Corona Covid-19 Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Wabah virus Corona Covid-19 terus menyebar ke sejumlah negara. Terbaru, tiga negara mengonfirmasi kasus pertama virus yang muncul di Wuhan, China, pada akhir tahun lalu itu seperti dilansir dari beberapa sumber, Jumat (28/2/2020).

        Selandia Baru mengkonfirmasi kasus pertama virus Corona Covid-19 yang menjangkiti seseorang berusia 60-an tahu yang baru kembali dari Iran. Kementerian Kesehatan Selandia Baru mengatakan pasien telah dirawat di Rumah Sakit Kota Auckland dan kondisinya telah membaik.

        "Meskipun kami memiliki kasus COVID-19 pertama kami, (tapi) kemungkinan wabah tersebut melanda komunitas tetap rendah," kata Kementerian Kesehatan Selandia Baru seperti dilansir dari 9News.

        Baca Juga: Pesepak Bola Italia Dilaporkan Positif Terinfeksi Corona

        Pejabat kesehatan masyarakat telah mulai melacak riwayat kontak pasien dan akan menguji anggota keluarganya atas kemungkinan terinfeksi virus. Pasien diketahui melakukan perjalanan dengan penerbangan Emirates Airline yang berasal dari Teheran, berhenti di Bali, Indonesia, dan berakhir di Auckland pada 26 Februari.

        "Orang-orang yang berada pada penerbangan terakhir, yang peduli, harus menghubungi pihak berwenang," Kementerian Kesehatan Selandia Baru menghimbau.

        Selain Selandia Baru, dua negara Eropa yaitu Lithuania dan Belarus juga mengonfirmasi kasus infeksi virus Corona Covid-19. Lithuania menyatakan seorang wanita dengan gejala ringan telah menjadi kasus virus Corona pertama di negara itu. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Kementerian Kesehatan Lithuania.

        "Dia saat ini berada di ruang isolasi di Rumah Sakit Republik Siauliai, yang memiliki infrastruktur yang diperlukan," kata Kementerian Kesehatan Lithuania seperti disitir dari CNN.

        Tiga anggota keluarga pasien saat ini sedang dipantau secara ketat di rumah sakit dan sejauh ini tidak mengalami gejala.

        "Orang lain yang telah melakukan kontak dengan pasien yang terinfeksi sedang diidentifikasi dan kesehatan mereka sedang diperiksa," ungkap Kementerian Kesehatan Lithuania, menambahkan tak satu pun dari mereka mengalami gejala.

        Baca Juga: Wabah Corona Mendekati Status Pandemi, Ahli Duga Virus Menyebar Diam-diam

        "Terlepas dari upaya yang dilakukan dan langkah-langkah pencegahan proaktif yang kami ambil di antara yang pertama, kami menyesal untuk menyatakan bahwa Lithuania tidak menghindari virus corona," kata Menteri Kesehatan Aurelijus Veryga.

        "Kami sangat menyadari bahwa ancaman itu ada, dan kami secara aktif bersiap-siap untuk skenario ini," tegasnya.

        Negara Eropa lain yang mengkonfirmasi kasus pertama virus Corona Covid-19 adalah Belarus. Pasiennya adalah seorang mahasiswa dari Iran.

        "Selama tes laboratorium pada 27 Februari, virus itu terdeteksi pada seorang warga Iran yang tiba dalam penerbangan dari Baku pada 22 Februari," kata Kementerian Kesehatan Belarus dalam sebuah pernyataan di situs resminya.

        "Pasien dan orang-orang yang berhubungan dengannya dikarantina di Minsk, kondisi pemuda itu memuaskan," sambung pernyataan itu.

        Kementerian Kesehatan Belarus menambahkan bahwa mereka mulai menguji semua pelancong yang datang dari Korea Selatan (Korsel), Iran, dan Italia pada 20 Februari. Ada lebih dari 83.000 kasus infeksi virus Corona Covid-19 di seluruh dunia, termasuk lebih dari 2.850 kasus yang berujung pada kematian. Sebagian besar dari jumlah ini berada di daratan China, yang telah melaporkan 78.824 kasus infeksi dan 2.788 kematian.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Shelma Rachmahyanti

        Bagikan Artikel: