Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sungai Ciwaringin Meluap, Wilayah Ini Dilanda Banjir

        Sungai Ciwaringin Meluap, Wilayah Ini Dilanda Banjir Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Surakarta -

        Banjir melanda Desa Gintung Lor, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (6/3/2020) karena hujan deras sejak Jumat sore membuat Sungai Ciwaringin meluap.

        Salah satu warga bernama Ade Wahyu Hidayat (34) mengatakan, banjir yang merendam desanya ini memiliki ketingian bervariasi, mulai dari 50 cm hingga 150 cm. Ia menyebut ada ratusan rumah yang terendam banjir.

        "Ketinggian banjir bervariasi mas. Ada yang 50 senti sama 150 senti. Kalau rumah mungkin ratusan. Ini gara-gara luapan Sungai Ciwaringin," kata Ade, Jumat (6/3/2020) malam.

        Baca Juga: Dear Warga Jakarta, Awas Banjir Lagi!

        Ade menjelaskan, banjir mulai merendam pemukiman warga sekira pukul 18.00 WIB. Ia mengaku, ketinggian banjir yang terjadi kali ini lebih tinggi, jika dibandingkan dengan banjir yang terjadi pada bulan Februari lalu.

        "Bulan kemarin sempat banjir juga. Tapi kali ini lebih tinggi," ujar Ade.

        Di tempat yang sama, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra menuturkan, pihaknya sempat melakukan proses evakuasi warga menggunakan perahu karet. Kini warga tengah mengungsi di masjid terdekat

        "Kami tadi melakukan evakuasi warga dengan perahu karet. Warga mengungsi ke masjid," terang Dadang.

        Dadang sendiri mengimbau kepada warga, agar selalu waspada apabila banjir kembali terjadi. Ia mengungkapkan, berdasarkan laporan cuaca dari BMKG, wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat masih berpotensi diguyur hujan deras sampai akhir bulan ini.

        "Ini banjir karena luapan Sungai Ciwaringin. Debit airnya meningkat karena terjadi hujan deras sejak Jumat sore. Saya mengimbau agar warga tetap selalu waspada," ucap Dadang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Tanayastri Dini Isna

        Bagikan Artikel: