Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ini Strategi Gedung Putih Buat Lindungi Trump dari Corona

        Ini Strategi Gedung Putih Buat Lindungi Trump dari Corona Kredit Foto: Washingtonpost
        Warta Ekonomi, Surakarta -

        Gedung Putih mengadakan pertemuan tentang bagaimana cara mengurangi ancaman virus Corona terhadap Presiden Donald Trump dan stafnya setelah secara diam-diam memperketat peraturan pengunjung pada bulan lalu.

        Menanggapi wabah virus corona, Gedung Putih telah mengamanatkan bahwa para tamu harus mengungkapkan semua negara yang dikunjunginya dalam 30 hari terakhir. Dan langkah-langkah lebih lanjut sedang ditinjau oleh kelompok yang dipimpin oleh wakil kepala staf Gedung Putih untuk operasi, Tony Ornato.

        Kelompok itu dideskripsikan oleh seorang pejabat senior pemerintahan sebagai "gugus tugas" yang berkumpul ketika diperlukan untuk mengatasi situasi ancaman yang muncul. "Kelompok yang dipimpin Ornato itu terus memantau dan mengevaluasi kembali protokol Gedung Putih," kata pejabat itu seperti dikutip dari New York Post, Sabtu (7/3/2020).

        Baca Juga: Wafat di Usia 84 Tahun, Ini Sosok Konglomerat AS yang Jadi Orang Terpercaya Donald Trump

        Perubahan terbesar yang terlihat di Sayap Barat atau West Wing adalah pemasangan tempat pembersih tangan. Tetapi pejabat senior itu mengatakan pemeriksaan suhu dan mengakhiri tur publik adalah hal yang mungkin dilakukan jika krisis memburuk ? meskipun tidak ada dalam waktu dekat.

        Ulasan tersebut mengikuti perubahan keamanan yang signifikan untuk menyaring pengunjung yang berpotensi terinfeksi.

        Seorang pejabat lain mengatakan bahwa pada 21 Februari lalu, Secret Service mulai meminta pengunjung yang tidak memegang izin ke kompleks Gedung Putih untuk menyerahkan daftar negara yang dikunjungi dalam 30 hari terakhir.

        Secret Service dan Unit Medis Gedung Putih kemudian meninjau informasi dan menindaklanjuti orang-orang yang mengunjungi negara-negara dengan wabah virus Corona.

        "Ini bukan larangan keras dan cepat, tetapi memungkinkan para ahli medis tahu siapa yang harus diajak bicara dengan pertanyaan tindak lanjut," kata seorang pejabat.

        "Orang-orang sangat kooperatif dan pengertian, yang sangat kami hargai," imbuhnya.

        Selain itu wartawan yang tidak memiliki izin tetap dan tamu yang memasuki Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower yang berdekatan juga harus memberikan informasi perjalanan mereka.

        Wisatawan yang mengunjungi Gedung Putih melengkapi formulir yang sama dengan pengunjung lain, tetapi melakukannya berbulan-bulan sebelumnya. Tidak jelas apakah mereka sedang di-resurvey sebagai pendekatan tanggal tur.

        Terkait laporan ini, pihak Secret Service tidak menanggapi permintaan komentar.

        Sementara itu Sekretaris Pers Stephanie Grisham mengatakan kepada New York Post, Gedung Putih akan terus menilai kembali keadaan dan mengadopsi proses baru dan praktik yang aman.

        Untuk saat ini, kata Grisham, Gedung Putih mengambil setiap tindakan pencegahan yang masuk akal yang diperlukan untuk melindungi karyawan federal.

        "Kebijakan dan prosedur kami tetap sejalan dengan pedoman presiden untuk negara tersebut - dan itu adalah untuk terus melakukan segala yang kami bisa untuk menghindari gangguan pada bisnis sehari-hari dari memimpin negara kami," ujarnya.

        Grisham menuturkan bahwa para staf Gedung Putih mendapatkan bimbingan dari badan-badan federal tentang masalah-masalah seperti mengedukasi staf tentang praktik kebersihan yang baik, kebijakan tentang izin sakit dan telework, meningkatkan rutinitas pembersihan untuk area lalu lintas yang padat.

        Selain itu, para staf juga diminta untuk memperhatikan laporan kesehatan dan perjalanan internasional terkini yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dan Kementerian Luar Negeri saat menjadwalkan pertemuan atau perjalanan, dan mengundang orang ke kompleks Gedung Putih.

        Kompleks Gedung Putih menampung ratusan staf dan tamu yang sering bepergian setiap hari, dan banyak yang tidak meminta catatan perjalanan berdasarkan kebijakan baru. Sebagai contoh, reporter reguler dengan ?izin tetap? tidak perlu mendaftar negara yang baru saja dikunjungi.

        "Langkah-langkah tambahan untuk keamanan Gedung Putih tidak mungkin sangat mudah," kata pejabat pertama. "Misalnya, pemeriksaan suhu tidak akan menangkap seseorang yang tidak menunjukkan gejala atau menggunakan ibuprofen untuk penyakit lain," imbuhnya.

        Di negara lain, ada pemeriksaan suhu wajib di bandara dan hotel. Pemerintahan Trump mengadopsi skrining tambahan dari para pelancong dari daerah-daerah tertentu minggu ini, tetapi periode inkubasi virus diyakini setidaknya 14 hari dan beberapa orang yang terinfeksi hanya menunjukkan gejala ringan.

        Koordinator administrasi virus Corona Trump, Deborah Birx, mengatakan kepada wartawan pada Rabu lalu bahwa data dari Italia menunjukkan usia rata-rata penderita virus Corona adalah 60 dan usia rata-rata mereka yang meninggal adalah 81. Trump sendiri berusia 73 tahun.

        Trump pada Januari lalu melarang masuk AS warga asing yang mengunjungi China dalam waktu 14 hari sebelumnya. Larangan itu diperluas minggu ini ke Iran, di mana ada wabah lokal yang signifikan. Italia dan Korea Selatan (Korsel) juga memiliki laporan sejumlah besar infeksi.

        Jumlah kasus di AS melonjak melewati 200 minggu ini dan kematian ke-15 dilaporkan terjadi pada Jumat pagi. Secara global, lebih dari 100.000 orang telah terinfeksi dan lebih dari 3.000 meninggal.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Tanayastri Dini Isna

        Bagikan Artikel: