Menkominfo Imbau Masyarakat Manfaatkan Layanan Platform Digital untuk Social Distancing
Menkominfo menyatakan apresiasi pada platform digital di Indonesia yang memberikan dukungan pelaksanaan Gerakan Jaga Jarak atau Physical Social Distancing sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mencegah penyebaran lebih lanjut pandemi Covid-19.
"Platform digital baik decacorn maupun unicorn di antaranya Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruangguru telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam gerakan Bekerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, dan Berdoa atau Beribadat di Rumah sesuai dengan bidang layanannya masing-masing," ujarnya di Ruang Serbaguna Kemenkominfo, Senin (23/03/2020).
Baca Juga: Grab dan Gojek Gandeng Kemenkes Bantu Atasi Covid-19
Menteri Johnny mengimbau masyarakat memanfaatkan layanan yang disediakan platform digital tersebut secara maksimal. "Kami mendorong kegiatan belanja dari rumah, konsultasi dari rumah, dan belajar dari rumah. Pemerintah juga mengimbau agar harga barang dan jasa di platformnya tidak ada kenaikan yang tidak terkendali," jelasnya.
Selain itu, Kementerian Kominfo juga mengapresiasi upaya platform digital dalam bentuk Corporate Social Responsibilty (CSR). "Untuk membantu penggalangan dana, pengadaan Alat Perlindungan Diri (APD), dan beragam donasi lain untuk mendukung upaya pemerintah melawan Covid-19," jelas Menkominfo.
Secara khusus, Menteri Johnny mengapresiasi seluruh platform digital yang mendukung kebijakan dan bekerja dan belajar dari rumah serta kampanye Gerakan Sosial atau Physical Distancing.?
"Gojek dan Halodoc yang telah memberikan dukungan fasilitas untuk pemantauan dan pengecekan kesehatan dari rumah. Bukalapak, Tokopedia, serta Gojek dan Grab yang membuka peluang untuk bekerja dari rumah. Serta Ruangguru yang memfasilitasi proses belajar dari rumah," jelas Menteri Johnny.
Menkominfo mengapresiasi seluruh operator telekomunikasi dan Penyedia Akses Internet (ISP) yang telah memberikan kontribusi sangat besar dalam menyediakan akses gratis untuk mendukung penanganan Covid-19 secara interaktif.
"Secara khusus juga ingin kami sampaikan bahwa kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler, internet service provider untuk menjaga kapasitas layanan dengan menyediakan bandwith yang cukup dan menjaga kualitas layanan atau Quality of Services," tegasnya.
Dalam kesempatan itu, Menteri Johnny menyampaikan ucapan terima kasih atas layanan gratis panggilan call center 119, 117, dan 112. "(Serta) WhatsApp Blast dan SMS Blast operasional dari Chatbot WhatsApp Covid19.go.id Powered by Kominfo," ujarnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum