Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Di Rumah Aja Bikin Sering Belanja Online? Kenali Jenis-Jenis Promosi Bisnis Online Yuk!

        Di Rumah Aja Bikin Sering Belanja Online? Kenali Jenis-Jenis Promosi Bisnis Online Yuk! Kredit Foto: Unsplash/Tyler Franta
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Promosi bisnis online kerap dilakukan para pebisnis di marketplace online miliknya. Rangkaian promosi seperti diskon, cashback, free ongkir dan semacamnya sudah pasti membuat para pelanggan tergiur untuk membeli.

        Tapi, apakah kamu benar-benar tau maksud dari promosi-promosi tersebut? Coba pahami yuk!

        Baca Juga: Covid-19 Gak Bunuh Semua Bisnis, Deretan Sektor Ini Malah Panen Cuan Jumbo

        1. Cashback

        Cashback adalah penawaran di mana pembeli diberikan persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk tetapi dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashback. Jadi, kamu akan mendapatkan sepersekian danamu kembali!

        2. Promo Buy 1 Get 1

        Promo Buy 1 Get 1 adalah ketika suatu barang A dibeli, maka akan mendapat satu barang lainnya. Hal ini tergantung syarat dan ketentuan yang berlaku. Tetapi, hati-hati pasalnya cara ini akan membuat konsumen seakan-akan mendapat keuntungan mendapat satu gratisan bila membeli suatu produk.

        Padahal biasanya, produk yang wajib dibeli itu sering dibanderol dengan harga mahal. Jadi pastikan teliti lagi ya!

        3. Diskon

        Diskon adalah potongan harga pada setiap barang yang dijual oleh para penjual offline maupun online agar produknya diminati oleh banyak pembeli. Diskon yang diberikan oleh penjual juga beragam macamnya mengikuti situasi yang sedang terjadi.

        Terkadang tanpa mempertimbangkan butuh atau nggak, banyak orang yang langsung membeli asal ada label diskon dengan harapan bisa lebih hemat.

        4. Gratis Ongkir

        Promo gratis ongkir biasanya diganderungi banyak pemburu online karena tidak harus terbebani dengan beban ongkir atau ongkos kirim barang ke rumah mereka sendiri. Jadi, manfaatkan promo ini dengan baik ya!

        5. Promo Referral

        Promo referral adalah sekumpulan digit yang terdiri dari huruf dan angka membentuk sebuah kode unik. Apabila ingin mendapatkan promo referral ini, pastikan kamu memasukkan kode uniknya ya!

        6. Flash Sale

        Flash sale (penjualan kilat) adalah diskon atau promosi yang ditawarkan oleh toko e-niaga dalam waktu singkat. Kuantitasnya terbatas, diskon lebih tinggi atau lebih signifikan daripada promosi biasanya. Batas waktu dan terbatasnya ketersediaan menarik konsumen untuk membeli saat itu juga.

        7. Kode Promo

        Kode promo merupakan sebuah kombinasi antara huruf dan angka yang dapat digunakan oleh user untuk mendapatkan potongan diskon atau promo dari transaksi di situs online. Biasanya kode promo ini berisi potongan diskon dalam bentuk persentase (%) atau nominal (Rp).

        8. Paket Bundling

        Paket bundling adalah strategi penjualan yang dilakukan dengan cara menggabungkan dua buah produk atau beberapa buah produk tertentu di dalam sebuah paket penjualan. Biasanya paket ini cukup hemat dan efisien apabila barang-barang yang ada di dalam paket bundling adalah barang yang kamu butuhkan.

        Itu dia ragam jenis promosi bisnis online yang sering digunakan, jadi pastikan kamu paham dulu ya!

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: