Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jelang Lebaran, BRI Jamin Layanan Operasional Perbankan Tanpa Kendala

        Jelang Lebaran, BRI Jamin Layanan Operasional Perbankan Tanpa Kendala Kredit Foto: BRI
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menyiapkan langkah-langkah untuk memberikan layanan perbankan yang prima bagi masyarakat menjelang Lebaran di tengah pandemi Covid-19. Perseroan telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp37,2 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran tahun ini.

        Direktur Jaringan dan Layanan BRI A Solichin Lutfiyanto menjelaskan, uang tunai yang disiapkan oleh BRI tahun ini lebih kecil dibanding dengan tahun sebelumnya yakni sebesar Rp48,2 triliun.

        "Setiap tahun memang tren kebutuhan uang kas menjelang Lebaran semakin menurun karena masyarakat sudah mulai beralih ke transaksi digital, untuk tahun ini faktor lain yang memengaruhi penurunan tersebut adanya pandemi yang terjadi," ujarnya.

        Baca Juga: Syukur Alhamdulillah, Pedagang Tempe Ikut Rasakan Nikmatnya Relaksasi Kredit UMKM

        Selain mempersiapkan uang tunai, BRI juga memastikan kesiapan jaringan kantor dan e-channel. "236 Kantor BRI di seluruh Indonesia telah disiagakan untuk memberikan layanan terbatas bagi masyarakat serta penebusan setoran BBM atau non-BBM dari Pertamina dan Bulog. Selain itu, 17 Kantor BRI melayani pick-up services ASDP dan 62 Kantor BRI melayani pick-up services Garuda," imbuh Solichin. 

        Khusus untuk e-channel, BRI telah menyiapkan 18.667 mesin ATM dan 3.809 mesin CRM yang tersebar di seluruh Indonesia.

        "BRI telah menyiapkan task force khusus yang nantinya akan melakukan patroli dan pengecekan secara berkala terhadap mesin-mesin tersebut, sehingga apabila terjadi suatu kendala bisa segera diatasi secara cepat," tuturnya.

        Sebagai alternatif bertransaksi perbankan, masyarakat juga dapat memanfaatkan Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia hingga pelosok. Saat ini tercatat BRI memiliki lebih dari 428 ribu agen yang melayani transaksi perbankan, seperti setor dan tarik tunai, transfer antarbank, pembayaran, isi ulang pulsa, belanja merchant, informasi rekening serta penjualan asuransi mikro kecelakaan, kesehatan, dan meninggal dunia (AMKKM).

        Para agen ini beroperasi melayani transaksi keuangan masyarakat selama tujuh hari dalam seminggu dan tidak sedikit yang beroperasi penuh selama 24 jam dalam sehari.

        Baca Juga: Tetap Produktif, BRI Helat Virtual Coaching Bagi UMKM di Seluruh Indonesia

        Solichin juga terus mengimbau masyarakat untuk bertransaksi digital menggunakan BRImo (Mobile Banking BRI) dan Internet Banking BRI sebagai bentuk dukungan terhadap PSBB dan imbauan physical distancing dari pemerintah.

        "BRI telah menyiapkan berbagai promo menarik selama periode Ramadan dan Lebaran bagi masyarakat untuk bertransaksi melalui BRImo dan Internet Banking BRI dengan harapan masyarakat semakin nyaman, aman, dan mudah bertransaksi perbankan BRI dari rumah," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: