Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        BPS Ungkap Partisipasi Sensus Penduduk 2020 Baru 16,63%

        BPS Ungkap Partisipasi Sensus Penduduk 2020 Baru 16,63% Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan capaian partisipasi penduduk dalam sensus penduduk (SP) online. Dari 15 Februari sampai 19 Mei 2020, sebanyak 44,83 juta jiwa penduduk atau 16,63% dari jumlah penduduk Indonesia telah berpartisipasi secara online.

        "Kami melihat masih cukup banyak penduduk Indonesia yang dapat berpartisipasi untuk mencatatkan informasi kependudukannya di sensus penduduk online ini. Untuk itu, dalam 10 terakhir atau 29 Mei ini kami terus mengajak kepada seluruh penduduk Indonesia yang belum berpartisipasi agar segera mencatatkan diri beserta keluarganya," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Hukum BPS, Endang Retno Sri Subiyandani, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (19/5/2020).

        Baca Juga: Corona Mengganas, BPS Perpanjang Sensus Penduduk Online

        Endang mengatakan, pelaksanaan SP 2020 dirancang dalam dua tahap yaitu SP online dan SP wawancara. Namun, dengan adanya Covid-19 dan kebijakan refocusing anggaran oleh pemerintah, BPS melakukan penyesuaian dalam pelaksanaan SP 2020.

        SP online yang awalnya dijadwalkan 15 Februari hingga 31 Maret 2020 disesuaikan menjadi 15 Februari hingga 29 Mei 2020 atau mengalami perpanjangan selama 59 hari. "Penduduk dapat berpartisipasi melalui laman sensus.bps.go.id dengan menyiapkan nomor KTP dan nomor kartu keluarga untuk melakukan pengisian," tambahnya.

        Sementara, SP wawancara yang semula dijadwalkan pada Juli 2020 menjadi September 2020. Selain itu, dilakukan penyesuaian dari sisi pelaksanaan yaitu dilakukan tanpa wawancara.

        "Langkah penyesuaian tersebut diambil BPS sebagai upaya dalam mengutamakan kesehatan dan keselamatan penduduk serta petugas sensus pada masa pandemi," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: