Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Hadapi Era Digital, Pelindo 1 Hadirkan Aplikasi Customer Relationship Management

        Hadapi Era Digital, Pelindo 1 Hadirkan Aplikasi Customer Relationship Management Kredit Foto: Pelindo 1
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor pengelola pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1, menghadirkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang digunakan untuk manajemen hubungan pelanggan Pelindo 1.

        CRM merupakan sebuah metode dalam mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai aktivitas yang berbeda untuk meningkatkan hubungan dan keterikatan dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan.

        Baca Juga: Pelindo I Sei Pakning Catatkan Kinerja Positif Sepanjang Januari hingga April

        "Mengingat dinamika industri dan pergeseran penting ke arah pengaturan yang berpusat pada pelanggan, kebutuhan akan manajeman hubungan pelanggan menjadi lebih penting, di mana terdapat proses yang melibatkan analisis dan evaluasi semua interaksi dengan pelanggan," jelas Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1, Syahputera Sembiring, Rabu (20/5/2020).

        Layanan CRM yang diluncurkan Pelindo 1 berbasis portal yang bisa diakses melalui https://portals.pelindo1.co.id yang di dalamnya terdapat pilihan berbagai channel yang bisa digunakan. Selain itu, pelanggan juga bisa menggunakan layanan Call Center dengan Hot Line Number 1500–778 yang akan dilayani dengan Nona CERI atau Customer Care Pelindo 1.

        Layanan Call Center ini merupakan suatu sistem informasi terpusat yang terintegrasi dengan aplikasi CRM Pelindo 1 untuk menggali informasi dan menjawab kebutuhan pelanggan sehingga dapat menjadi solusi yang sangat efektif untuk meningkatkan layanan perusahaan bagi seluruh pelanggan Pelindo 1.

        Layanan call center menawarkan real time interactions yang memungkinkan pelanggan mudah berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung dengan perwakilan perusahaan dari perangkat mobile yang digunakan dengan memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

        "Aplikasi CRM ini memudahkan kami dalam melakukan aktivitas marketing dan melakukan sosialisasi mengenai pelayanan jasa yang ditawarkan kepada para pengguna jasa, membangun hubungan dengan pelanggan, serta melakukan proses penanganan keluhan, klaim, maupun informasi dari pelanggan," jelas Syahputera Sembiring.

        Penerapan aplikasi CRM ini diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat proses komunikasi perusahaan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengoptimalkan kegiatan pemasaran, serta memaksimalkan nilai data pelanggan.

        Syahputera Sembiring menambahkan, Pelindo 1 telah melakukan kegiatan sosialisasi dan end user training aplikasi CRM sejak awal tahun 2020 di berbagai wilayah kerja yang meliputi Medan, Pekanbaru, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, Batam, dan Aceh.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bambang Ismoyo
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: