Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mulai Juni, Arab Saudi Klaim Bisa Kembalikan Hidup Normal Pasca-Pandemi Corona

        Mulai Juni, Arab Saudi Klaim Bisa Kembalikan Hidup Normal Pasca-Pandemi Corona Kredit Foto: Saudi Press Agency via Reuters
        Warta Ekonomi, Riyadh -

        Arab Saudi pada Selasa (26/5/2020) mengumumkan pelonggaran atas banyak pembatasan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

        Pelonggaran itu akan mengizinkan dimulainya kembali beberapa kegiatan ekonomi dan komersial, dan bagian dari proses kembali ke kehidupan "normal", dan menetapkan tanggal pembukaan kembali Kerajaan.

        Baca Juga: Makkah Jadi Kota dengan Kasus Corona Terbanyak di Arab Saudi, Jumlahnya Tembus...

        Diwartakan Al Arabiya, pelonggaran itu akan dilakukan dalam beberapa tahap yaitu:

        Mulai dari 28 Mei hingga 30 Mei, Arab Saudi akan mengizinkan pergerakan warga antara jam 6 pagi dan 3 sore di semua wilayah Kerajaan, kecuali di Makkah. Warga juga diizinkan untuk melakukan perpindahan antar wilayah dan kota di Kerajaan dengan mobil pribadi, kecuali pada jam malam.

        Mengizinkan kegiatan ekonomi dan komersial kembali dilakukan di toko dan mal eceran dan grosir.

        Tetap melanjutkan larangan terhadap kegiatan, di mana penjarakan sosial tidak dapat dilakukan, seperti di salon kecantikan, tukang cukur, klub olahraga, klub kesehatan, pusat hiburan, dan bioskop.

        Mulai dari 31 Mei hingga 20 Juni, Arab Saudi akan mengizinkan perpindahan antara pukul 6 pagi dan 8 malam di semua wilayah Kerajaan, kecuali di Makkah.

        Mencabut penangguhan kehadiran di tempat kerja, dan mengizinkan semua karyawan di kementerian, badan pemerintah, dan perusahaan sektor swasta untuk kembali bekerja dari kantor mereka, dengan mematuhi pedoman kehati-hatian yang ketat.

        Mencabut penangguhan pada penerbangan domestik, dengan mematuhi tindakan pencegahan yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan sipil dan Kementerian Kesehatan.

        Mencabut penangguhan waktu-waktu bepergian antar daerah di Kerajaan menggunakan berbagai metode transportasi.

        Mengizinkan restoran dan kafe kembali beroperasi menyajikan makanan dan minuman di tempat.

        Kegiatan-kegiatan, di mana penjarakan sosial tidak dapat dilakukan, seperti di salon kecantikan, toko tukang cukur, klub olahraga, klub kesehatan, pusat hiburan, dan bioskop, akan tetap dilarang. Larangan juga akan tetap diberlakukan pada pertemuan sosial dengan lebih dari 50 orang, seperti pernikahan dan pemakaman.

        Terus menerapkan langkah-langkah penjarakan sosial di area publik setiap saat.

        Mulai dari 21 Juni, Arab Saudi akan kembali ke kehidupan "normal" di seluruh wilayah Kerajaan, kecuali Makkah, dan kembalikan kondisi ke bagaimana kehidupan sebelum menerapkan jam malam dengan terus mematuhi penjarakan sosial.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: