Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mas Anies, Besok PSBB Jakarta Selesai?

        Mas Anies, Besok PSBB Jakarta Selesai? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta, Kamis (4/6) besok, merupakan hari terakhir. Apakah PSBB Jakarta akan diperpanjang kembali?

        Menjawab itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan untuk berpindah dari PSBB menuju tahap new normal setidaknya harus memiliki empat syarat.

        "Pertama angka R-naught-nya atau angka reproduksinya di bawah 1. Jakarta sudah 0,98 kita berharap turun lagi," ucapnya pekan lalu.

        Baca Juga: Partai Pendukung Jokowi Minta PSBB di Jakarta Diperpanjang

        Baca Juga: Ada Alamat Kamu Guys? Ini 62 RW Zona Merah di Wilayah Anies yang Terapkan PSBB Lokal

        Kemudian yang kedua, terdapat penurunan kurva baik itu pasien positif, pasien meninggal dunia, pasien dalam pengawasan (PDP) hingga orang dalam pemantauan (ODP).

        Lanjutnya, ia menerangkan bila semua kurva itu menunjukkan penurunan, maka wilayah tersebut dapat melaksanakan new normal.

        Sementara itu yang ketiga, adanya dukungan sarana dan prasarana untuk menunjang tatanan kenormalan baru. Keempat, adanya sumber daya manusia (SDM) baik itu dokter, perawatan dan semua stakeholder yang ada.

        "Ketiga dukungan sarana, prasarana. Keempat persiapan SDM dokter dan perawat," katanya.

        Ia menegaskan dari semua syarat tersebut yang terpenting adalah kedisiplinan masyarakat.

        "Kita sudah melaksanakan PSBB di tahap ketiga 22 Mei sampai 4 Juni, masyarakat dan gubernur berharap ini jadi PSBB penghabisan tapi ini semua tergantung pada sikap disiplin dan kepatuhan kita semua sebagai warga untuk melaksanakan PSBB secara baik," tambahnya.

        Sementara itu, ia juga mengatakan Pemerintah Provinsi DKI masih menunggu evaluasi dari PSBB yang akan berakhir 4 Juni. 

        "Kita sudah melaksanakan PSBB di tahap ketiga 22 Mei sampai 4 Juni, masyarakat dan gubernur berharap ini jadi PSBB penghabisan tapi ini semua tergantung pada sikap disiplin dan kepatuhan kita semua sebagai warga untuk melaksanakan PSBB secara baik," paparnya.

        Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bila masyarakat memilih untuk taat maka PSBB akan berakhir. Namun apabila masyarakat memilih untuk tidak mematuhi aturan PSBB, maka PSBB terpaksa diperpanjang kembali.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: