Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Selain Mata, Covid-19 Menular Lewat Telinga?

        Selain Mata, Covid-19 Menular Lewat Telinga? Kredit Foto: Antara/ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat warga dunia harus berdiam diri di rumah, guna menghindari penyebaran virus yang telah menewaskan jutaan jiwa di dunia.

        Banyak dokter dan ilmuwan yang menyebutkan penularan adalah dengan menyentuh benda-benda yang sebelumnya dipegang pasien positif Covid-19. 

        Seperti halnya hidung dan mulut, dokter mengatakan mata mungkin menjadi rute infeksi jika seseorang dengan virus batuk atau bersin di dekatnya, demikian dilansir dari Times of India, Jumat (5/6/2020).

        Baca Juga: Kabar Gembira, Ditemukan Vaksin yang Terbukti Ampuh Lawan Covid-19

        Infeksi juga dimungkinkan saat menggosok mata dengan tangan yang telah terpapar virus. Air mata dari orang yang terinfeksi juga bisa menyebarkan virus.

        Sering mencuci tangan, menjaga jarak sosial, dan menggunakan penutup wajah di depan umum adalah cara agar virus tidak menyebar, termasuk melalui mata.

        Kacamata juga dapat menjadi pelindung tambahan, menurut American Academy of Ophthalmology. Petugas kesehatan disarankan untuk menggunakan kacamata keselamatan saat merawat pasien yang berpotensi terinfeksi.

        Lalu bagaimana dengan telinga? Telinga, di sisi lain, tidak diyakini sebagai rute infeksi Covid-19, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

        Menurut dr Benjamin Bleier di Massachusetts Eye and Ear di Boston, kulit di saluran telinga bagian luar lebih seperti kulit biasa, tidak seperti jaringan di mulut, hidung, dan sinus, hal itu menciptakan penghalang yang membuat sulit bagi virus untuk masuk.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: