Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Audit Eksternal?

        Apa Itu Audit Eksternal? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Audit eksternal adalah audit yang dilakukan oleh auditor luar untuk melakukan verifikasi terhadap keakuratan laporan keuangan. Audit eksternal juga merupakan suatu pemeriksaan secara berkala pada pembukuan atau catatan dari suatu entitas yang dilakukan pihak ketiga secara independen.

        Sementara itu, tujuan dari audit eksternal adalah untuk mengetahui apakah laporan keuangan tahunan perusahaan atau organisasi menyajikan kondisi yang riil tentang keadaan finansial perusahaan atau organisasi terkait.

        Baca Juga: Apa Itu Audit?

        Tak hanya itu, dengan audit eksternal juga dapat diketahui apakah dana milik instansi tersebut telah benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan tujuan yang telah disepakati atau dimuat dalam konstitusi.

        Audit eksternal perlu untuk dilakukan agar masyarakat dapat mengakses informasi tentang penanganan sumber daya ekonomi umum, terlebih bagi orang awam kesulitan memahami transaksi keuangan dalam bentuk laporan yang rumit.

        Karena itulah dibutuhkan jasa seorang profesional untuk memeriksa informasi sekaligus melakukan analisis dalam laporan keuangan. Berikut syarat bagi auditor eksternal:

        1. Setiap auditor harus mempunyai background pendidikan dan pengalaman kerja dalam bidang keuangan dan akuntansi, juga perpajakan, komputer, dan manajemen.
        2. Auditor external audit sebelumnya harus membuat audit plan atau rencana pemeriksaan dan audit program atau program pemeriksaan dalam bentuk tertulis.
        3. Seluruh prosedur dan hasil pemeriksaan harus didokumentasikan secara komplit dan jelas dalam audit working papers atau kertas kerja pemeriksaan.    
        4. Setiap auditor juga harus memiliki audit manual sebagai patokan dalam menjalankan pemeriksaannya. Selain itu yang bersangkutan juga harus memiliki sistem pengendali mutu dan kode etik.

        Untuk diketahui, laporan keuangan yang benar akan membantu menambah kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan atau organisasi terkait, termasuk untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu juga, audit eksternal akan membantu mengidentifikasi perusahaan bila sistem yang dijalankan selama ini masih kurang efektif dan efisien.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: