Pemerintah memperpanjang waktu untuk pemberian bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan Perusahaan Listrik Negara dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi hingga bulan September 2020. Tujuan dari pemberian tersebut adalah untuk meringankan beban masyarakat yang paling terdampak akibat kelesuan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.
Bob Saril selaku Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan menyatakan bahwa PLN siap untuk melanjutkan dan menyukseskan program tersebut. Seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian Stimulus Covid-19 sebelumnya.
Baca Juga: Cara Dapat Listrik Gratis Juli-September: www.pln.co.id dan . . .
"Kami pastikan tepat waktu dan tepat sasaran, sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial," ujar Bob, Rabu (1/7/2020).
Bob menambahkan bahwa program ini sifatnya perpanjangan dan PLN optimis untuk melakukan penagihan pada bulan Juli sampai September serta tidak akan mengalami kendala baik dari sisi waktu, penyiapan, maupun teknis pelaksanaan.
Seperti diketahui, program ini memberikan biaya listrik gratis kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50 persen kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.
Mulai Rabu (1/7/2020), konsumen bisa mulai mendapatkan token listrik gratis dari PLN untuk bulan Juli 2020. Subsidi listrik dari PLN diberikan bagi pengguna 450 VA dan 900 VA. Pelanggan 450 VA digratiskan secara penuh, sedangkan pelanggan dengan daya 900 VA mendapatkan diskon sebesar 50 persen. Pada bulan Juli 2020 ini, pelanggan yang telah terdaftar sebagai penerima subsidi dapat mengklaimnya. Berikut langkah untuk mendapatkan subsidi listrik pada bulan Juli ini.
Langkah pertama, token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website PLN dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon);
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter;
3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar;
4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Langkah kedua, PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:
1. Buka Aplikasi WhatsApp;
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan;
3. Token gratis akan muncul;
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Bagi pelanggan pascabayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan. Sementara untuk pelangan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diperhitungkan berdasarkan rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara bulan Januari hingga Maret 2020.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum