Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Wagelaseh! Elektabilitas Gibran Makin Melejit

        Wagelaseh! Elektabilitas Gibran Makin Melejit Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Hasil survei Indonesian Public Intitute (IPI) pada 18-22 Desember 2019 dan 2-6 Juni 2020, mencatat ada kenaikan elektabilitas Gibran Rakabuming Raka sebagai calon bakal Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah.

        Bahkan tercatat, elektabilitas Gibran berhasil menyalip rival terkuatnya Achmad Purnomo dan sejumlah nama bakal calon lainnya sepanjang Desember 2019 sampai Juni 2020. 

        Baca Juga: Gibran Gak Bakal Lawan Kotak Kosong, Ini Penantangnya...

        Baca Juga: Gibran Gak Bakal Lawan Kotak Kosong, Ini Penantangnya...

        Sementara itu, Direktur Eksekutif IPI Karyono Wibowo, Selasa (28/7), mengatakan posisi elektabilitas Gibran pada bulan Juni 2020 sudah unggul di semua simulasi bakal calon yang diuji dibanding pada bulan Desember 2019.

        Tambahnya, dari simulasi 15 nama calon, elektabilitas Gibran pada bulan Desember 2019 berada di urutan kedua dengan 29.5 persen, atau di bawah Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo yang memperoleh dukungan 41.8 persen.

        Sementara itu, Teguh Prakosa, Muhammad Fajri, Gareng S Haryanto, Anung Indro Susanto, Achmad Sapari, Her Suprabu dan calon lainnya masih di bawah 1 persen. Jumlah pemilih rahasia/belum memutuskan/tidak tahu tidak jawab 25.6 persen.

        Lanjutnya, pada hasil survei Juni 2020, elektabilitas Gibran mencapai 37.8 persen melampaui Achmad Purnomo yang memperoleh dukungan sebesar 28.3 persen. Sementara Muhammad Ali Naharussurur 1,6 persen, Bagyo Wahyono 0,7 persen, dan Muhammad Fajri 0,2 persen.

        "Survei pada bulan Juni 2020 kondisinya sudah berbalik. Elektabilitas Gibran sudah menyalip Achmad Purnomo. Gibran naik 8 persen, sedangkan Achmad Purnomo turun 13.5 persen dari Desember 2019. Kondisi ini disebabkan selain Gibran dan timnya intensif sosialisasi, salah satu faktor signifikan karena pada bulan Mei Achmad Purnomo menyatakan mundur dari pencalonan", paparnya.

        Menurut dia, elektabilitas Gibran berada di puncak ketika diuji dalam pertanyaan spontan/terbuka (Top of Mind) tentang siapa calon walikota Surakarta yang akan dipilih jika pilkada dilakukan pada saat ini.

        Elektabilitas Gibran Rakabuming Raka 23.7%, Achmad Purnomo 15.5%, Fx Rudyatmo 1.9%, Muhammad Ali N 0.7%, Teguh Prakosa 0.7%, dan BRA putri Wulansari 0.2%. Sedangkan yang menjawab tidak akan memilih (golput) 0.7%, Rahasia 3.2% dan yang menjawab belum ada calon yang dipilih 53.4%.

        Sambungnya, survei menunjukkan elektabiltas Gibran mencapai 49, 5 persen, Muhammad Ali Naharussurur 3,3 persen, dan Bagyo Wahyono 1,2 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan atau menyatakan rahasia 46,0 persen. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: