Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pengguna KRL Bertambah Setelah Libur Iduladha

        Pengguna KRL Bertambah Setelah Libur Iduladha Kredit Foto: Antara/Muhamad Iqbal
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Vice President Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba, menyampaikan bahwa penumpang kereta rel listrik (KRL) tercatat mencapai 72.529 orang atau bertambah 1.204 orang pada Senin (3/8/2020) pukul 07.00 WIB atau pascalibur Iduladha dibandingkan 71.325 pengguna KRL pada Senin pekan lalu (27/7/2020) di jam yang sama.

        "Dari data tiket elektronik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) hingga pukul 07.00 WIB, jumlah pengguna KRL secara keseluruhan tercatat 71.325 pengguna. Angka ini tidak jauh berbeda dari Senin pekan lalu pada waktu yang sama di mana terdapat 72.529 pengguna," ujar Anne dalam keterangan resmi, Senin (3/8/2020).

        Baca Juga: Penumpang KRL Wajib Lengan Panjang, Kalau Tidak...

        Anne menilai, pengguna kereta rel listrik Commuter Line pada pagi hari ini terpantau relatif stabil. Namun, sejumlah stasiun hingga pukul 07.00 WIB Senin (3/8/2020) pagi ini meningkat penggunanya, antara lain stasiun Bogor, Bojonggede, dan Rangkasbitung.

        "Jumlah pengguna hingga pukul 07.00 WIB pagi ini tidak berbeda jauh dengan Senin pekan lalu meskipun Senin ini bertepatan dengan hari kerja pertama usai libur akhir pekan panjang Iduladha dan perpanjangan PSBB Transisi DKI Jakarta yang menerapkan kembali aturan ganjil genap di 25 ruas jalan," ujar Anne.

        Sementara itu, di stasiun Bogor pagi ini terdapat 6.919 pengguna KRL atau naik 6% dibanding waktu yang sama pada pekan lalu; di stasiun Bojonggede 5.529 pengguna atau naik 3%. Di stasiun Rangkasbitung tercatat 2.301 pengguna atau naik 27%.

        "Meski ada peningkatan, di stasiun-stasiun lainnya jumlah pengguna cenderung stabil sehingga situasi di stasiun pagi ini tetap tertib, tidak terdapat lonjakan jumlah pengguna maupun antrean yang melebihi hari-hari sebelumnya," ucap Anne.

        Menurut Anne, kondisi tersebut dimungkinkan karena adanya penambahan jumlah perjalanan, di mana mulai 1 Agustus lalu PT KCI telah mengoperasikan 971 perjalanan KRL. Para pengguna juga dinilai mengikuti imbauan untuk mengatur perjalanannya dengan memanfaatkan akhir pekan untuk kembali ke Jakarta atau lokasi aktivitasnya, serta sebisa mungkin menghindari jam sibuk.

        Selain itu, para pengguna terutama di Stasiun Bogor, Cilebut, dan Cikarang juga telah menggunakan KMT, kartu uang elektronik bank maupun tiket kode QR mulai 3 Agustus 2020. Tiga stasiun tersebut resmi menjadi stasiun khusus KMT setiap hari kerja setelah tiga pekan sebelumnya diuji coba pada hari Senin.

        Dalam memberikan layanan pada masa pandemi ini, PT KCI senantiasa mengutamakan pelaksanaan protokol kesehatan di antaranya kewajiban menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh saat akan naik KRL, pembatasan pengguna di dalam KRL, menjaga jarak saat di stasiun dan KRL, serta penyediaan wastafel tambahan sebagai fasilitas untuk mencuci tangan.

        Kebersihan stasiun dan kereta juga rutin dijaga dengan pembersihan berkala selama beroperasi maupun seusai jam operasional layanan KRL.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: