Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        9 Negara Udah Jeblos ke Jurang Resesi, RI Bakal Jadi yang Ke-10?

        9 Negara Udah Jeblos ke Jurang Resesi, RI Bakal Jadi yang Ke-10? Kredit Foto: Reuters/Brian Snyder
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Satu per satu negara di dunia tumbang karena tak kuat melawan dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian. Resesi, itulah yang kini dihadapi oleh sembilan negara di dunia setelah mengalami pertumbuhan ekonomi yang negatif selama dua kuartal berturut-turut. 

        Dari kesembilan negara yang mengalami resesi, untunglah tidak ada nama Indonesia. Meski demikian, bukan berarti Indonesia aman dari ancaman resesi, mengingat pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II minus 5,32%. Jika pada kuartal III kembali minus, RI pun akan terjerat resesi. 

        Baca Juga: Resesi di Depan Mata, Gerak Rupiah Bikin Sulit Berkata-Kata

        Berikut ini adalah kesembilan negara yang mengalami resesi per hari ini, Kamis, 6 Agustus 2020.

        1. Singapura

        Negara dengan ekonomi sekuat Singapura pun tak luput dari gempuran Covid-19. Alhasil, Singapura pun harus masuk ke dalam jurang resesi setelah pertumbuhan ekonomi negara ini terkontraksi 41,2% pada kuartal II tahun 2020. Di antara negara lain, kontraksi pertumbuhan ekonomi Singapura menjadi yang terdalam.

        Baca Juga: Lagi Jaya-Jayanya, Direktur Jual Semua Saham INAF yang Dipunya!

        2. Amerika Serikat

        Ekonomi AS dibuat rontok oleh pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. Alhasil, negara Paman Sam menempati posisi kedua dengan kontraksi pertumbuhan ekonomi terbesar, yakni minus 32,9% pada kuartal II tahun 2020. 

        3. Filipina

        Filipina resmi menyandang resesi setelah Otoritas Statistik Filipina mengumumkan bahwa ekonomi negara tersebut pada kuartal II, yakni April-Juni 2020 terkontraksi 16,5%. Dengan pertumbuhan ekonomi minus 16,5%, Filipina mengalami resesi untuk pertama kalinya dalam 29 tahun terakhir.

        4. Jerman

        Negara berikutnya yang juga terjun ke jurang resesi adalah Jerman. Pada kuartal II 2020, pertumbuhan ekonomi Jerman tercatat minus sebesar 10,1%, terdalam keempat sedunia.

        5. Hong Kong 

        Perekonomian Hong Kong juga ikut ringsek dihantam Covid-19. Pada kuartal II 2020, pertumbuhan ekonomi Hong Kong terkontraksi sedalam 9%. 

        Baca Juga: Hubungan China-Jepang Panas, Militer Mana yang Paling Unggul?

        6. Jepang

        Walau data pertumbuhan ekonomi kuartal II belum dirilis, Jepang sudah lebih dulu masuk ke jurang resesi. Pasalnya, dalam dua kuartal berturut-turut, pertumbuhan ekonomi Jepang tumbuh negatif, yakni 2,2% pada kuartal II 2020 dan 7,1% pada kuartal IV 2019. Pada kuartal II 2020 ini, ekonomi Jepang juga diprediksi akan kembali tumbuh negatif.

        7. Prancis

        Prancis yang tersohor dengan menara Eiffelnya itu pun tak bisa lagi dari kejatuhan ekonomi akibat Covid-19 hingga akhirnya mengalami resesi. Pada kuartal II 2020, pertumbuhan ekonomi Prancis terkontraksi hingga 5,8%.

        8. Italia

        Italia sempat menemoati posisi teratas sebagai negara dengan kematian tertinggi di dunia akibat Covid-19. Dampak Covid-19 tak berhenti sampai di sana, tetapi juga sampai ke jatuhnya perekonomian Italia ke jurang resesi dengan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2020 yang terkontraksi 4,7%.

        9. Korea Selatan

        Negara yang menjadi surganya drama Asia, yakni Korea Selatan menjadi negara berikutnya yang mengalami resesi. Statusnya sebagai negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia itu tak mampu menahan rontoknya pertumbuhan ekonomi hingga minus 3,3% pada kuartal II 2020. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Lestari Ningsih
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: