Telkom akhirnya menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada Indihome pada Kamis (13/8/2020) pagi. Karena apakah itu terjadi?
Vice President Corporae Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan, gangguan itu terjadi karena salah satu Domain Name Server (DNS) yang fungsinya tak berjalan semestinya. DNS sendiri ialah server yang menerjemahkan alamat IP milik host.
"Itu menyebabkan putusnya trafik internet yang umumnya terjadi 5-10 menit. Di sejumlah lokasi, seperti Slipi, Bekasi, dan Bandung membutuhkan waktu recovery lebih lama, hingga maksimal 25 menit. Pada pukul 10.45 WIB pagi, trafik dan semua layanan sudah pulih," jelas Arif melalui keterangan tertulisnya.
Baca Juga: Dear Pelanggan Telkomsel, Ada Kompensasi Kuota 5GB+Bonus Cuma Rp1
Baca Juga: Harga HP Oppo Agustus 2020, Ada yang Cuma Rp1,2 Juta!
Sekadar informasi, gangguan yang terjadi menurunkan kualitas layanan IndiHome sekitar pukul 10.20 WIB di sejumlah area. Para pengguna pun menyampaikan keluhan di Twitter hingga kata IndiHome menjadi tren.
Arif menambahkan, "mewakili manajemen, sekali lagi kami memohon maaf kepada pelanggan terdampak dan merasakan ketidaknyamanan. Kami terus berupaya meningkatkan keandalan kualitas IndiHome ke depannya."
Perlu diketahui, gangguan IndiHome pagi ini telah membuat mayoritas pengguna mengeluh. Sebab, proses kerja atau belajar jarak jauh mereka jadi terganggu.
Saat ini, layanan IndiHome telah kembali normal, menurut pihak Telkom.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna
Tag Terkait: