Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        5 Hal Ini Perlu Diketahui UMKM untuk Maksimalkan Komunikasi

        5 Hal Ini Perlu Diketahui UMKM untuk Maksimalkan Komunikasi Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Permasalahan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif bagi para pelaku usaha di Tanah Air, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Demi bisa bertahan dan mengembangkan usahanya, pelaku UMKM harus mulai beradaptasi untuk mendigitalisasi bisnis mereka.

        Upaya ini bukan hanya dengan memanfaatkan pasar daring maupun adaptasi dari segi pembayaran, namun juga termasuk cara berkomunikasi dengan pegawai yang lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas.

        Menyadari pentingnya digitalisasi UMKM, Joey Lim, VP Lark Commercial Asia, turut berpendapat bahwa dengan membiasakan memanfaatkan platform komunikasi terintegrasi, pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat dengan meningkatnya efisiensi dan produktivitas para pegawai.

        Baca Juga: Lalamove Hadir di Aplikasi HappyFresh, Bantu UMKM Go Digital

        Baca Juga: Dihantui Covid, 68% Penjualan UMKM Ambyar, Ini Strategi BI Jabar

        "Dengan masih diberlakukannya pembatasan bepergian, pelaku usaha, termasuk UMKM, harus bisa beradaptasi dan terbiasa dengan komunikasi jarak jauh, yang sebelumnya seringkali dilakukan melalui tatap muka. Teknologi dan produk komunikasi berbasis digital membantu kita untuk bisa tetap melakukan pekerjaan lebih efisien dari segi waktu dan cost," jelas Joey. 

        Lark sebagai tool digital yang mampu mengintegrasikan berbagai fitur utama komunikasi dan kolaborasi tim memiliki lima manfaat yang perlu diketahui para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan produktivitas meningkat.

        Pertama, selalu terhubung tanpa hambatan dengan tim. Menurut Joey, komunikasi yang dibangun secara terus-menerus akan mempererat hubungan antarpegawai. Interaksi fisik saat ini dibatasi, maka fitur messenger atau chat menjadi sangat penting. Fitur messenger Lark didesain sedemikian rupa untuk memaksimalkan komunikasi antar-anggota dalam grup.

        Satu grup di Lark bisa menampung sampai dengan 5.000 anggota. Jadi apabila Anda sedang mempersiapkan ekspansi bisnis di kemudian hari, tidak perlu lagi membuat grup baru.

        Messenger di Lark juga dilengkapi dengan fitur unlimited searchable chat history, jadi tidak perlu khawatir apabila Anda merupakan anggota baru dalam grup, tetap bisa mendapatkan informasi dari diskusi sebelumnya.

        Kedua, koordinasi tatap muka melalui layar perangkat teknologi. Saat ini, kebanyakan pelaku bisnis sudah mulai beradapatasi menggunakan video call sebagai pengganti dari pertemuan fisik. Fitur video calling di Lark ini gratis, dan bisa menampung sampai dengan 100 peserta, tanpa dibatasi durasi. Jadi, diskusi soal pekerjaan bisa dilaksanakan tanpa batas dan bisa tetap berkomunikasi dengan lancar. 

        Ketiga, mempersiapkan rencana dan strategi pemasaran bersama meski tidak bertemu. Selain memanfaatkan pasar daring, pelaku UMKM juga diharapkan memiliki strategi bisnis, baik pemasaran, penjualan atau konsep produk baru, yang berkelanjutan untuk memastikan bisnis tetap berjalan dengan lancar.

        Dengan fitur sharing docs yang dimiliki Lark, penyusunan strategi bisnis maupun marketing bisa dilakukan bersama-sama secara real-time dan mudah. Terlebih lagi, penyimpanan cloud sampai dengan 200 GB bisa dinikmati secara gratis.

        Keempat, pastikan tidak ada pekerjaan yang terlewat dengan fitur kalender. Disiplin soal waktu menjadi salah satu kebiasaan penting yang perlu dimiliki setiap pengusaha. Agar tiap gol bisa tercapai tepat waktu, fitur kalender di Lark bisa berfungsi sebagai reminder.

        Anda bisa dengan mudah menentukan deadline, baik untuk diri Anda sendiri maupun tim. Dengan demikian, akan lebih mudah memastikan pekerjaan Anda tidak ada yang terlewat, dengan sinkronasi yang lebih mudah.

        Asosiasi Pengguna Jasa Internet pada 2016 menyebutkan setidaknya ada 100 juta pengguna email di Indonesia. Hal ini menunjukkan surat elektronik masih menjadi komponen penting dalam komunikasi profesional. Fitur Lark Mail sendiri telah diluncurkan awal Agustus 2020 lalu, yang bisa memudahkan koordinasi pekerjaan secara keseluruhan dalam satu platform; Lark.

        Terlebih lagi pengguna juga dapat menautkan akun Gmail mereka dengan Lark untuk menikmati integrasi tanpa batas antara email, messenger, dan drive. Apalagi kehadiran fitur ini juga dilengkapi dengan kapasitas email sampai dengan 500 GB tanpa dipungut biaya apa pun.

        "Setiap fitur yang Lark hadirkan untuk pengguna memang dirancang dengan satu tujuan, yakni memudahkan kolaborasi tim. Dengan kolaborasi dan komunikasi tim yang baik dan efisien, maka produktivitas akan meningkat, yang juga akan berdampak pada peningkatan pendapatan usaha dan bisnis kita," tutup Joey Lim.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: