Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Digitalisasi PDAM di Seluruh Indonesia, Telkom Uji Coba Smart Metering IoT

        Digitalisasi PDAM di Seluruh Indonesia, Telkom Uji Coba Smart Metering IoT Kredit Foto: Telkom
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sebagai BUMN bidang telekomunikasi mendukung inovasi-inovasi yang muncul dan berupaya untuk dapat berkontribusi melalui pemanfaatan teknologi yang dimiliki agar inovasi tersebut dapat berkembang lebih baik lagi dan bermanfaat bagi masyarakat.

        Salah satunya, kerja sama Telkom dengan PDAM Kabupaten Bandung dalammengimplementasikan digitalisasi melalui sistem billing terintegrasi, basis data yang terpusat, dan dashboard pengelolaan air.

        Berlokasi di Pusat Pengolahan Air Minum Tirta Raharja, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat telah dilakukan uji coba implementasi solusi Smart Metering dari Telkom.

        Baca Juga: 367 Ribu Sudah Pelanggan Antre Diskon PLN, Sebelum Ditutup Buruan Daftar!

        Baca Juga: Semester I 2020: XL Axiata Kalahkan Telkom

        Uji coba ini disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara, Direksi Perumda Tirta Raharja, dan jajaran pengurus DPP Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) pada Jumat (18/9/2020).

        Dirut Perumda Tirta Raharja sekaligus sebagai Ketua Umum Perpamsi Rudie Kusmayadi menyambut baik solusi Smart Metering pengelolaan air tersebut.

        "Perumda Tirta Raharja tengah menguji coba sebuah teknologi Smart Metering berbasis IoT dari Telkom dan hasilnya sangat memuaskan," ujar Rudi dalam keterangan pers, Minggu (20/9/2020).

        "Kami berharap implementasi dapat segera dilakukan bukan hanya di Tirta Raharja, tetapi di seluruh PDAM anggota Perpamsi seluruh Indonesia," tambahnya.

        Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara menyaksikan uji coba tersebut dan menyatakan komitmen untuk mendukung langkah inovasi Perpamsi dalam hal implementasi Smart Metering berbasis IoT.

        "Kami telah menyiapkan berbagai solusi Smart Metering yang menggunakan network LoRaWan dan platform Antares, untuk menjamin keandalan solusi tersebut. Bahkan solusi ini juga bisa untuk layanan utilitas lainnya, seperti gas dan listrik," ujar Edi yang turut didampingi Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin dan Executive Vice President Telkom Regional III Area Jawa Barat Mohamad Khamdan.

        Telkom saat ini juga berhasil menguji coba implementasi penuh (proof of concept) di PDAM Tirta Benteng Tangerang.

        Kerja sama Telkom dengan Perpamsi ini meliputi layanan berbasis connectivity, managed solution seperti smart meter, leak detector system, pencegahan fraud, monitoring kualitas air maupun command center.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: