Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Christie's Akan Mulai Lelang NFT, Karya Seni Terbesar dalam Sejarah Bitcoin

        Christie's Akan Mulai Lelang NFT, Karya Seni Terbesar dalam Sejarah Bitcoin Kredit Foto: Reuters/Edgar Su
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perusahaan pelelangan barang antik asal Inggris, Christie's akan menjual token nonfungible (NFT) pertamanya dalam lelang yang akan ditandai sebagai karya seni terbesar dalam sejarah Bitcoin (BTC).

        Sejarawan seni yang menjadi seniman Blockchain Robert Alice telah menciptakan Portrait of a Mind, serangkaian lukisan monumental yang terdiri dari 40 lukisan dengan panjang lebih dari 50 meter.

        Menggambar pada sejarah konseptualisme abad ke-20 serta mitos pendiri penciptaan Bitcoin, Portrait of a Mind adalah transkripsi lengkap yang dilukis dengan tangan dari 12,3 juta digit kode yang meluncurkan cryptocurrency.

        Baca Juga: Penambang Kripto Dilarang Menambang Sebelum Kantongi Lisensi

        Baca Juga: Emas Mulai Dibuang, Bitcoin Makin Disayang-sayang

        Dengan menyebarkan basis kode menjadi 40 fragmen yang didistribusikan secara global, proyek ini akan menyusun jaringan global dari 40 kolektor di mana tidak ada satu orang pun yang akan memegang semua kode.

        "Dalam setiap karya, algoritme telah menemukan satu set digit hex yang bersama-sama disorot dalam emas. Ini merupakan sekumpulan koordinat yang unik untuk setiap lukisan. 40 lokasi di 40 lukisan. Setiap lokasi memiliki signifikansi khusus bagi sejarah Bitcoin," kata Alice dikutip dari Cointelegraph, Kamis (24/9/2020).

        Christie's akan menjual satu lukisan dari seri tersebut, Block 21 (42.36433 ° LU, -71.26189 ° BT), sebagai bagian dari Post-War and Contemporary Day Auction pada 7 Oktober di akhir minggu pameran karya lelang di New York.

        Karya tersebut termasuk token unik yang dapat dipertukarkan sebagai bagian integral dari karya dan akan ditawarkan dengan perkiraan harga US$12.000-US$18.000 atau sekitar Rp266 juta.

        Kolektor awal lukisan dari Portrait of a Mind yakni pendiri platform kripto Binance, Changpeng Zhao dan Ketua Bloq, Matthew Rozsak. Alice mengatakan bahwa dengan memamerkan dan menjual NFT di Christie's, dia berharap dapat memacu seniman kontemporer lainnya untuk melihat ruang NFT.

        Selain dari inspirasi kreatif yang dapat diambil seniman dari sejarah kripto yang kompleks, teknis, dan dinamis secara politik, NFT juga dapat memberi seniman "kontrol yang lebih besar dan kepentingan yang lebih baik dalam praktik mereka dalam jangka panjang," katanya.

        Baru minggu lalu, Cointelegraph melaporkan pelelangan karya seni digital berdasarkan aksi harga Bitcoin yang berfluktuasi, yang terjual lebih dari US$100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar. Seperti Portrait of a Mind, karya seni tersebut mengintegrasikan NFT untuk memberikan hak kepemilikan tokenized kepada kolektornya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: